Tour de Bencoolen Jadi Agenda Pariwisata Bengkulu Tahun Depan

ANTARA, CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 09:12 WIB
Tour de Bencoolen Jadi Agenda Pariwisata Bengkulu Tahun Depan Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menggelar kegiatan "Tour de Bencoolen" sebagai salah satu agenda menyukseskan tahun kunjungan wisata ke Bengkulu pada 2020 dengan tema yang diusung yaitu "Wonderful Bengkulu 2020".

"Kegiatan akan digelar pada Juni nanti direncanakan diikuti atlet nasional maupun atlet luar negeri," kata Asisten II Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto di Bengkulu, seperti ang dikutip dari Antara, Kamis (9/5).


Ia mengatakan kegiatan ini akan menjadi peristiwa strategis dalam mempromosikan Bengkulu ke mata internasional sebab peserta direncanakan berasal dari luar negari antara lain Turki, Rusia, Vietnam, Brunai Darussalam, Singapura dan Malaysia.


Persiapan kegiatan lanjut dia melibatkan enam pemerintah kabupaten dan kota yang dilintasi rute "Tour de Bencoolen" dimulai dari titik awal di Kabupaten Kaur menuju Bengkulu Selatan - Seluma - Kota Bengkulu - Bengkulu Tengah dam berakhir di Kabupaten Kepahiang.



"Persian dirancang sematang mungkin sehingga tidak mengecewakan peserta yang akan menjajal alam Bengkulu," ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman mengatakan kebutuhan anggaran pelaksanaan kegiatan ini mencapai Rp4 miliar.



"Saat ini telah konfirmasi tujuh tim peserta dari luar negeri dan enam tim dalam negeri," ucapnya.

Terkait kualitas lintasan yang mana pada etape tertentu kecepatan sepeda bisa mencapai 80 km/jam, Atisar Sulaiman mengatakan hal tersebut akan ditangani oleh Balai Wilayah VII Kementerian PUPR, yaitu memperbaiki kerusakan jalan dengan 407 titik jalan berlubang.

[Gambas:Video CNN] (agr)