Alasan Perut Meghan Markle Masih 'Besar' Usai Melahirkan

CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 12:38 WIB
Alasan Perut Meghan Markle Masih 'Besar' Usai Melahirkan Meghan Markle dan Pangeran Harry (Dominic Lipinski/Pool via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meghan Markle dan Pangeran Harry dengan bangga memperlihatkan putra pertama mereka kepada publik. Dengan menggunakan gaun belt dan sleveless dari Givenchy, Markle berjalan beriringan dengan Pangeran Harry yang menggendong anaknya.

Putra pertama Meghan Markle dan Harry diberinama Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Ini adalah kemunculan pertama Markle setelah melahirkan Archie tiga hari lalu. Masih tampak jelas perut Markle yang membesar di balik gaun putihnya itu. Perut, lengan, dan pipinya masih terlihat besar dan dia terlihat tak ingin menyembunyikannya.


Kondisi postpartum (pascamelahirkan) ini adalah hal yang umum dan wajar terjadi. Banyak orang melemparkan pujian untuk tindakan Markle ini. Apa yang membuat perut Markle dan perempuan-perempuan lainnya masih tetap besar usai melahirkan?


"Setelah melahirkan, sebagian besar perempuan masih punya sedikit perut (besar)," kata Ashley Roman, direktur kedokteran ibu di NYU Langone kepada Instyle.

Rahim tidak serta merta kembali ke ukuran seperti sebelum saat hamil. Pasalnya dinding perut harus meregang selama kehamilan untuk bisa menampung bayi.

"Sekitar 6-8 minggu setelah melahirkan, rahim bisa kembali ke ukuran normal," katanya.

"Ini juga merupakan titik di mana perempuan bisa kembali berolahraga jika mereka mau."

Roman mengatakan bahwa perlu beberapa hari setelah melahirkan untuk menghilangkan kelebihan cairan selama hamil. Ini bisa terjadi ketika Anda lebih banyak berkeringat dan buang air kecil.

Mengutip Parents, dalam satu minggu, Anda masih akan mengeluarkan sisa cairan hamil, terutama ketika Anda punya IV/epidural.


Untuk membantu menghilangkan postpartum belly, menyusui juga punya peran penting.

"Perempuan bisa menurunkan berat badan lebih cepat usai melahirkan karena menyusui akan membakar kalori," kata Roman. (chs/chs)