FOTO: 'Reinkarnasi' Pemandian Umum di Aleppo

REUTERS, CNN Indonesia | Senin, 13/05/2019 09:10 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pemandian umum di Aleppo, Suriah, bangkit kembali usai kecamuk perang dan membiarkan warga bernostalgia.

Sebanyak 4 dari 50 pemandian umum di Aleppo, Suriah, telah kembali beroperasi setelah bertahun-tahun 'mati' akibat perang yang berkecamuk. (REUTERS/Omar Sanadiki)
Masyarakat lokal datang berbondong-bondong. Mereka mengingat kembali kehidupan yang damai sebelum perang pecah di kawasan tersebut. (REUTERS/Omar Sanadiki)
Omar Mansour (37) dan saudara iparnya, Malek Wafai (36) biasa mandi setiap Kamis malam.
Pada malam hari, pemandian diperuntukkan bagi pria. Sementara wanita bisa menggunakan pemandian pada siang hari. (REUTERS/Omar Sanadiki)
Mereka mandi menggunakan sabun khas Aleppo yang terbuat dari zaitun dan daun salam. Mereka membilas tubuh dengan air panas dari sebuah mangkuk yang diambil dari bak mandi besar yang terbuat dari bebatuan. (REUTERS/Omar Sanadiki)
 Seraya mandi, pelanggan juga disuguhkan lantunan musik tradisional yang dibawakan seorang pria tua lewat instrumen musik petik yang mirip dengan sitar. (REUTERS/Omar Sanadiki)
Pemilik pemandian Bab al-Ahmar, Thaer Khairullah, baru membuka kembali tempatnya pada Desember lalu setelah empat bulan renovasi.
Konsep pemandian umum sebelumnya telah menjadi 'makanan pokok' bagi kehidupan masyarakat Aleppo selama berabad-abad. Namun, pertempuran membuat sebagian besar pemandian harus tutup dan tak beroperasi. (REUTERS/Omar Sanadiki)


ARTIKEL TERKAIT