Aktivitas Wisata Keluarga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa

agr, CNN Indonesia | Selasa, 14/05/2019 16:33 WIB
Aktivitas Wisata Keluarga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa Museum bisa menjadi pilihan untuk berwisata bersama keluarga.(Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Melakukan kegiatan wisata di bulan Ramadan kerap menjadi pilihan yang tidak populer, karena hal itu kerap dianggap sebagai penyebab terkurasnya energi.

Namun alasan itu justru menjadi boomerang bagi orang tua, khususnya bagi yang memiliki anak yang aktif.

Alhasil, orang tua menjadi kebingungan atau kewalahan menghadapi keinginan anak-anak yang masih senang bermain.


Menghadapi situasi yang penuh dilema itu orang tua tak perlu khawatir, karena sebenarnya cukup banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan bersama anak di bulan Ramadan tanpa banyak menguras energi. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Berkelana di escape room

Menikmati petualangan baru di dalam ruangan, dan terhindar dari panasnya matahari di tengah bulan Ramadan adalah dua hal yang bisa didapatkan di escape room sekaligus.

Tantang pengetahuan dan kreativitas orang tua dalam menyelesaikan berbagai misteri di Pandora Experience, atau bermain peran sebagai detektif dan selesaikan misteri dan teka-teki di Escape Hunt Experience.

Dalam kegiatan ini orang tua dan anak-anak, akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Trip ke museum

Tak bisa dipungkiri museum adalah tempat yang dapat memberikan pengalaman menarik untuk keluarga.

Selain mayoritas kegiatan dilakukan di dalam ruangan, orang tua dan anak juga bisa sama-sama belajar mengenai benda-benda bersejarah yang ada di dalam museum.

Tentunya kehadiran seorang pemandu sangat diperlukan dalam trip ke museum, agar segala informasi bisa diterima dengan jelas.

Mengunjungi perpustakaan

Jika ingin melakukan aktivitas yang lebih edukatif, maka ajaklah anak-anak ke perpustakaan.

Selain 'menularkan' untuk kegiatan gemar membaca sejak dini agar tidak kering imajinasi, kini banyak perpustakaan yang telah dilengkapi oleh area bermain untuk anak hingga auditorium untuk menonton. Sehingga jika anak sudah merasa bosan, bisa mendapatkan penyegaran sejenak.

Staycation

Tidak beranjak kemana-mana adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan di bulan Ramadan, namun demi menyegarkan suasana nampaknya staycation menjadi pilihan yang masuk akal.

Membawa anak-anak untuk menginap selama dua atau tiga malam di hotel yang tidak jauh dari tempat tinggal, tentu akan membawa suasana baru.

Kegiatan yang dilakukan pun bisa beragam, mulai dari menikmati segala fasilitas hotel hingga sekadar menonton tv bersama.

[Gambas:Video CNN] (agr)