Cerita di Balik Tumpukan Donat Tertinggi di Dunia

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 16/05/2019 08:47 WIB
Cerita di Balik Tumpukan Donat Tertinggi di Dunia Ilustrasi kue donat. (Daria / epicantus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rekor manis baru saja dipecahkan di Johannesburg, Afrika Selatan. Perkumpulan di Jewish Life Centre berhasil mencatatkan rekor tumpukan donat tertinggi di dunia versi Guinness World Records.

Untuk menyusunnya, penyelenggara meminta bantuan dari insinyur struktural dan arsitek untuk menentukan struktur bangunan tumpukan donat.

Selain itu, panitia juga menggunakan bantuan teknologi melalui sejumlah perangkat lunak. Teknologi canggih itu digunakan untuk memastikan integritas struktural menara.

Perangkat lunak itu digunakan untuk memastikan kekokohan menara agar tidak roboh. Maklum, donat merupakan makanan dengan tekstur lunak.

Hasilnya adalah bentuk piramida yang merupakan struktur terbaik untuk tumpukan donat lantaran kombinasi yang pas untuk tinggi dan stabilitasnya.

Donat disusun oleh sekelompok orang yang berotasi selama beberapa jam dari pukul 9 pagi hingga 4 sore waktu setempat.

Mereka berhasil membuat tumpukan donat yang menjulang setinggi 152 sentimeter bak menara. Piramida ini disusun dari 3.100 donat.

Setelah menara ini selesai diukur oleh tim dari Guinness World Records, donat itu dibagikan secara cuma-cuma kepada para pengunjung.

Menukil laman Guinness World Records, pemecahan rekor tumpukan donat tertinggi di dunia ini merupakan bagian dari perayaan Chanukah (Hanukkah) yang juga dikenal sebagai Festival Cahaya Yahudi.

Chanukah merupakan festival populer orang-orang Yahudi. Digelar selama delapan hari, mereka memperingati kemenangan cahaya atas kegelapan dan kebaikan atas kejahatan. Donat adalah salah satu makanan Chanukah paling tradisional.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)