Sambut Lebaran, Pokdarwis Bantu Siapkan Objek Wisata

ANTARA, CNN Indonesia | Kamis, 16/05/2019 11:40 WIB
Sambut Lebaran, Pokdarwis Bantu Siapkan Objek Wisata Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur, meminta para pengelola objek wisata di tingkat desa yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk mempersiapkan objek wisata.

Tujuan mempersiapkan objek wisata itu tidak lain adalah untuk menggairahkan kunjungan wisatawan saat libur Lebaran.

Menurut Kepala Disparibud Pamekasan, Ahmad Sjaifuddin, ada beberapa desa yang memiliki objek wisata dan berpotensi dikembangkan apabila dikelola dengan baik dan dipercantik mulai saat ini.


"Desa-desa yang memiliki objek wisata ini, antara lain Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Desa Montok, Kecamatan Larangan, lalu Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, serta Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu," kata Ahmad, seperti ayng dikutip dari Antara, Kamis (16/5).

Menurut Ahmad, contohnya adalah Desa Bajang, Kecamatan Pakong yang memiliki bukit Brukoh.

Objek wisata ini, ia melanjutkan, dikelola oleh masyarakat kelompok sadar wisata yang ada di wilayah tersebut.

Sedangkan di Desa Montok, Kecamatan Larangan adalah Pantai Talang Siring dan wisata pemandian mainan anak-anak.

Di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, objek wisata yang dikelola oleh kelompok sadar wisata adalah Api Tak Kunjung Padam, dan di Tanjung adalah Pantai Jumiang.

Ahmad menuturkan telah berkoordinasi dengan kelompok masyarakat pengelola objek wisata tersebut, dan mereka menyambut rencana tersebut dengan antusias.

"Bahkan mulai saat ini, para pengelola objek wisata ini sudah mulai memprosikan objek-objek wisata yang mereka kelola melalui media sosial, dengan target pengunjung adalah masyarakat Pamekasan yang bekerja di luar Pamekasan dan mereka biasanya melakukan mudik saat Lebaran," katanya.

Selain objek wisata yang dikelola oleh Pokdarwis di masing-masing desa, potensi objek wisata yang juga ada di Pamekasan adalah objek wisata yang dikelola oleh perusahaan.

Seperti wisata Bukit Cinta di Kelurahan Lawangan Daja, Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

Ahmad menjelaskan objek wisata ini dikelola oleh perusahaan Selamat Pagi Madura (SPM) dengan beragam permainan anak-anak dan sangat cocok untuk tempat wisata keluarga.

Selain empat objek wisata desa dan satu wisata yang dikelola pihak swasta, objek wisata lainnya yang baru selesai diperbaiki dan kini juga dikenal oleh masyarakat adalah objek wisata "Toron Samalem" di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

Sebagaimana di Desa Larangan Tokol, Montok dan Desa Bajang, serta Desa Tanjung, objek wisata "Toron Samalem" ini juga dikelola oleh kelompok masyarakat sadar wisata.

[Gambas:Video CNN] (agr)