Tak Salat Karena Ingkar buat Puasa Tak Sah

CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 12:39 WIB
Tak Salat Karena Ingkar buat Puasa Tak Sah Ilustrasi. Tak salat karena ingkar pada perintah Allah SWT membuat puasa tidak sah. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain berpuasa, selama bulan Ramadan umat Islam juga diwajibkan menjalankan ibadah salat sebagaimana biasanya. Namun, beberapa alasan dan kelalaian terkadang membuat seseorang meninggalkan salat lima waktu.

Mendirikan salat merupakan Rukun Islam kedua. Sebagai tiang agama Islam, salat menjadi medium interaksi antara umat dengan Allah SWT.

KH Ahmad Ishomuddin mengatakan, ada dua kategori meninggalkan salat selama berpuasa di bulan Ramadan.


"Pertama, meninggalkan salat karena mengingkari kewajiban salat," ujarnya. Hal itu berarti mereka menganggap atau meyakini bahwa salat yang diperintahkan Allah SWT tidak wajib.

Disepakati bahwa puasa seseorang yang meninggalkan salat selama berpuasa karena alasan mengingkari tidak sah. "Mengingkari kewajiban salat berada di luar agama Islam," tambahnya.

Kategori kedua adalah sebagian orang yang meninggalkan salat karena rasa malas dan lalai. "Dia menyia-nyiakan waktu salat, dia lalai," katanya.

Puasa seseorang yang menyia-nyiakan waktu salat, kata dia, tetap sah di mata Allah SWT. Namun, dia disebut berdosa karena durhaka terhadap perintah Allah SWT.

"Puasanya tetap sah, namun mungkin pahalanya berkurang," ujar dia.

Pada intinya, lanjut dia, ibadah berpuasa selama bulan Ramadan harus diimbangi oleh melaksanakan kewajiban salat lima waktu.

"Orang yang berpuasa sudah sepatutnya menjalankan salat," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN] (edh/asr)