Menikmati Wine Langsung dari Kebun di Swan Valley

CNN Indonesia | Sabtu, 18/05/2019 10:25 WIB
Menikmati Wine Langsung dari Kebun di Swan Valley Pemandangan ladang anggur di Swan Valley. (Istockphoto/Photon-Photos)
Jakarta, CNN Indonesia -- Swan Valley adalah rumah bagi ladang anggur tertua, pabrik wine, dan bir di Australia Barat yang beroperasi sejak 1829. Kawasan ini juga menjadi habitat satwa liar khas Negeri Kanguru.

Caversham Wildlife Park adalah kebun binatang di Swan Valley. Tak hanya kanguru, di kebun binatang ini ada kelompok burung, hewan air, kelompok reptil hingga hewan ternak.

Caversham Wildlife Park buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 hingga 17.30 waktu setempat dan hanya tutup di Hari Natal.


Karena begitu besarnya area ini, pengunjung diharapkan datang sebelum pukul 15.00, sehingga bisa mengunjungi seluruh sudutnya.

Harga tiket masuknya sebesar AUD 29 (sekitar Rp 300 ribu) untuk dewasa dan AUD 13 atau (sekitar Rp 140 ribu) untuk anak-anak antara 3-14 tahun.

Harga tersebut sudah termasuk jika ingin berfoto dengan wombat, koala, posum, bettong dan aneka burung atau reptil.

Di akhir kunjungan, pengunjung bisa masuk ke toko oleh-oleh Caversham Wildlife Park. Ada begitu banyak barang yang bisa kamu beli, seperti boneka satwa hingga gantungan kunci.

Begitu keluar dari Caversham Wildlife Park, turis akan disambut ladang anggur yang begitu luas.

Swan Valley jadi salah satu destinasi favorit bagi turis pecinta kuliner. Terdapat 150 tempat berupa restoran hingga pabrik anggur di jalur melingkar sejauh 32 kilometer ini.

Ada sekitar 40 kilang anggur berukuran kecil dan dikelola oleh keluarga imigran. Mereka adalah cucu dari imigran Kroasia dan Italia yang mengembangkan wilayah Swan Valley dari tahun 1920.

Salah satu ladang anggur yang bisa dikunjungi ialah Olive Farm Wines.

Sudah berdiri sejak 1933, Olive Farm Wines memiliki ladang anggur yang luas, penyulingan, toko, dan restoran.

Bagi yang ingin tur ke ladang anggur di sini diharapkan jangan datang terlalu sore.

Olive Farm Wines juga menyediakan icip-icip wine olahannya dengan harga AUD 5 (sekitar Rp 50 ribu) untuk delapan gelas.

Pengunjung bisa mencoba berbagai jenis wine, mulai dari sparkling, white, rose, red, hingga fortified.

Di sini juga ada The Cheese Barrel, toko yang memiliki menu utama berupa keju. Di sini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai wine dan keju yang cocok disantap bersama.

Selesai dari kebun binatang dan ladang anggur, turis bisa menikmati pesiar di sungai Swan Valley. Salah satu turnya bernama Swan Valley Gourmet Wine Cruise oleh Captain Cook Cruises.

Untuk bisa ikut tur ini, turis harus membayar AUD 169 (sekitar Rp 1,7 juta) untuk dewasa dan AUD 123 (sekitar Rp 1,25 juta) untuk anak-anak.

Bila ingin makanan lebih mewah cukup menambah AUD 20 (sekitar Rp 200 ribu).

Swan Valley Gourmet Wine Cruise akan berangkat dari Perth pukul 09.45 dan akan kembali lagi ke Perth pukul 17.00.

Selama tujuh jam pengunjung akan diajak untuk berkeliling Swan Valley melalui Sungai Swan.

Swan Valley Gourmet Wine Cruise ada setiap hari di bulan September hingga April. Jadwalnya akan berubah di bulan Mei hingga Agustus yang hanya ada di hari Senin, Jumat, Sabtu dan Minggu.

Selain dengan taksi atau mobil pribadi, Swan Valley bisa dijangkau dari Perth dengan menumpang bus Swan Valley Explorer ke Caversham Wildlife Park.

Bus Swan Valley Explorer adalah transportasi yang bisa digunakan untuk berkeliling di Swan Valley.

Harus diingat, turis wajib memberhentikannya di halte sesuai jam operasionalnya. Harga tiketnya sebesar AUD 59 (sekitar Rp 600 ribu) per orang.

(ard)