Tetap Hemat Saat Mengejar Matahari Terbaik Tanah Air

Advertorial, CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 00:00 WIB
Tetap Hemat Saat Mengejar Matahari Terbaik Tanah Air Sunrise di Candi Borobudur (Foto: Shutterstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak sekali wisatawan yang senang menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam di destinasi favoritnya. Sejumlah orang bahkan ada yang sengaja bertualang ke tempat-tempat tertentu untuk mendapatkan panorama sempurna di momen yang terkenal dengan sebutan 'golden hour' tersebut.

Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang mampu menyajikan pemandangan matahari terbit dan terbenam dengan luar biasa menawan di sejumlah tempat. Destinasi terbaiknya tersebar di sejumlah kota. Sehubungan dengan kenyataan tersebut, bila Anda termasuk kaum penikmat matahari subuh atau matahari senja, ada sejumlah tempat yang harus didatangi untuk mengejar matahari terbaik di Tanah Air.

Apabila ingin mendatangi semuanya, tentu Anda perlu menyiapkan banyak biaya untuk menanggung perjalanan Anda. Untungnya, Traveloka telah hadir sejak 2012 sebagai penyedia tiket pesawat murah. Agen perjalanan online ini bahkan memberikan jaminan harga terbaik untuk tiket pesawat, terutama penerbangan domestik. Anda bahkan bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga sesuai bujet Anda.


Price Alert Infokan Tiket Pesawat dengan Harga Sesuai Bujet

Untuk dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam dengan sempurna, tentunya Anda harus datang ke destinasi pada waktu terbaiknya. Waktu terbaik yang dimaksud tentunya saat cuaca cerah, di luar musim hujan yang bisa mengganggu pemandangan.

Setelah Anda mengetahui waktu keberangkatan untuk perjalanan mengejar matahari, manfaatkan fitur Price Alert di Traveloka App. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk membantu memantau pergerakan harga tiket pesawat di waktu yang telah direncanakan.

Nantinya, fitur ini akan langsung memberitahu Anda ketika tiket pesawat dengan harga sesuai dengan bujet yang Anda pasang telah tersedia. Tak usah bingung jika belum memutuskan waktu berangkat yang pasti. Anda tetap bisa memasang fitur notifikasi ini untuk waktu fleksibel dengan memilih perintah 'Flexible Date' di Traveloka App.

Adanya fitur ini membuat Anda bisa menghemat waktu dan energi secara signifikan. Sebab, Anda tak perlu repot memantau situs informasi harga tiket pesawat setiap hari. Anda juga tak harus mengunjungi pameran travel yang ada untuk mendapatkan tiket murah dari jauh-jauh hari. Semuanya beres dengan bermodal Traveloka App dalam ponsel pintar Anda sendiri.

Ke Mana Mengejar Matahari?

Hilang arah saat menentukan tujuan mengejar matahari terbaik di Tanah Air? Rekomendasi berikut siap menjadi penuntun Anda.

Candi Borobudur - Magelang, Jawa Tengah
Sunset di Candi Borobudur (Foto: Shutterstock)
Pemandangan matahari terbit atau tenggelam di Candi Borobudur bisa dikatakan sebagai pemandangan paling agung yang pernah Anda saksikan. Di sini, matahari muncul dan pulang ke peraduan sembari menyinari ­arca dan stupa candi, lanskap perbukitan Menoreh, hingga bentangan sawah sekitar. Sejumlah spot terbaik menikmati pemandangan agung ini (selain langsung di candi) adalah Puthuk Setumbu, Bukit Barede, Puthuk Mongkrong, dan Desa Wanurejo.

Pura Lempuyang Luhur - Karangasem, Bali
Sunset di Pura Lempuyang Luhur (Foto: Shutterstock)
Terletak di Desa Tista, Abang, Kabupaten Karangasem, Pura Lempuyang Luhur berada pada ketinggian 1.174 meter di atas permukaan laut. Pemandangan matahari terbenam di sini menampilkan kesan magis selayaknya negeri di atas awan. Apalagi bila Anda menyaksikannya dari Gapura Candi Bentar atau gerbang pura.

Untuk mencapai gerbang tersebut, ada ribuan anak tangga yang harus Anda daki. Sesampainya di puncak, panorama matahari terbenam menjadi sangat memukau dengan latar belakang Gunung Agung, Pantai Amed, dan Kota Amlapura. Saking cantiknya pemandangan dari gerbang tersebut, banyak orang menyebut Pura Lempuyang Luhur sebagai Gates of Heaven Bali.

Pantai Losari - Makassar, Sulawesi Selatan
Sunset di Pantai Losari, Makassar (Foto: Shutterstock)
Pantai terpopuler Kota Makassar ini diyakini sebagai salah satu tempat terbaik melihat pemandangan matahari terbit dan tenggelam paling cantik se-Sulawesi. Ratusan orang menyerbu anjungan pantai untuk melihat langsung panorama matahari menyinari cakrawala.

Pemandangan ikon tulisan Pantai Losari dengan latar belakang matahari terbit adalah salah satu yang paling banyak mengisi foto wisata dan kartu pos dari Makassar. Selain anjungan tersebut, panorama matahari cantik juga terlihat sempurna dengan adanya Masjid Terapung Amirul Mukminin hingga sejumlah kapal berlayar di laut dan bersandar di dermaga.

Pelabuhan Sunda Kelapa - Jakarta Utara, DKI Jakarta

Jakarta tak hanya bisa menampilkan keindahan matahari terbit dan tenggelam di tengah lautan gedung pencakar langit. Ibu kota satu ini juga menawarkan panorama indah yang sulit Anda sanggah.

Bertempat di Pelabuhan Sunda Kelapa, pemandangan matahari terbit atau tenggelam begitu cantik berpadu dengan barisan kapal pinisi dan sejumlah perahu tua yang bersandar. Anda bisa menikmati pemandangan ini sembari bersepeda, jalan kaki, bahkan jika beruntung, sekalian naik ke salah satu kapal pinisi yang ada.

Labuan Bajo - Nusa Tenggara Timur
Sunset di Labuan Bajo (Foto: Shutterstock)
Bermukim di Kabupaten Manggarai Barat-NTT, Labuan Bajo tak hanya menawarkan pesona pesisir dan dunia bawah laut. Destinasi wisata unggulan Indonesia Timur ini juga menyediakan banyak sekali spot untuk melihat panorama matahari terbit atau terbenam dengan sempurna.

Pemandangan langit menguning begitu cantik ditemani cakrawala dengan kapal-kapal berlayar, dermaga, hingga pulau-pulau kecil di tengah laut yang terlihat dari atas bukit. Beberapa spot terpopulernya adalah Dermaga Putih, Paradise Bar, Bukit Silvia, dan Bukit Cinta.

Bersiaplah terpukau dengan keindahan pemandangan golden hour di sejumlah kota di Indonesia tersebut. Tertarik mencoba menjelajahi destinasi lain di Tanah Air? Traveloka siap menemani perjalanan Anda dengan tiket pesawat untuk ratusan pilihan rute domestik. Temukan pilihan terbaik Anda sekarang juga di Traveloka App atau di situs resmi Traveloka.com. (adv/adv)