10 Pantai Populer di Sulawesi yang Wajib Dikunjungi

Advertorial, CNN Indonesia | Selasa, 21/05/2019 00:00 WIB
10 Pantai Populer di Sulawesi yang Wajib Dikunjungi Taman Nasional Bunaken (Foto: Shutterstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, destinasi wisata tidak melulu harus berakhir di Bali atau Lombok. Sebagai negara kepulauan, Indonesia tentunya dikelilingi oleh beragam pantai yang cantik, salah satunya di pulau Sulawesi.

Sebagai pulau terbesar ke-4 di Indonesia, Sulawesi juga menyimpan banyak tempat-tempat indah yang menarik untuk dikunjungi, seperti 10 destinasi wisata pantai di Sulawesi berikut ini.

Pulau Bunaken
Pulau Bunaken (Foto: Shutterstock)
Berada di Sulawesi Utara, Pulau Bunaken wajib masuk dalam daftar melancong Anda ketika menghabiskan liburan di Sulawesi. Pulau seluas 8,08 km2 di Teluk Manado ini bisa Anda tempuh selama 30 menit perjalanan menggunakan speed boat dari Pelabuhan Manado.


Pulau dan laut yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bunaken ini memiliki 20 titik penyelaman (diving) yang menjadi tempat favorit penyelam dari luar negeri.

Taman Nasional Wakatobi
Snorkeling di Taman Nasional Wakatobi (Foto: Shutterstock)
Anda pasti juga familiar dengan destinasi wisata yang satu ini. Berada di Sulawesi Tenggara, Taman Nasional Wakatobi memang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Memiliki luas area sekitar 1,4 juta hektare, taman nasional ini merupakan surganya terumbu karang dan ikan laut hias, cocok untuk olahraga snorkeling atau diving.

Pulau Siladen
Pantai di Pulau Siladen (Foto: Shutterstock)
Terletak di sebelah timur laut Pulau Bunaken, Siladen memiliki luas mencapai 31,25 hektare. Pulau ini dikelilingi oleh pasir putih di bibir pantainya. Sementara di dalam lautnya, Anda akan disuguhi kecantikan terumbu karang dengan biota laut yang bermacam-macam bentuk dan warna.

Anda bisa snorkeling, diving, melakukan foto bawah laut, berkeliling pulau dengan perahu berkaca (katamaran) atau sekedar berjemur di pantai dengan hamparan pasir putihnya yang lembut.

Pulau Lihaga

Pulau Lihangga merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni. Pulau yang terletak di Likupang Kabupaten Minahasa Utara ini menawarkan keindahan panorama pasir putih yang halus serta air laut yang jernih. Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari kota Manado. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal sewa selama 45 menit.

Pantai Lakban

Berada di Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, Anda harus menempuh perjalanan cukup panjang yakno sekitar 3 jam dari Manado untuk mencapai pantai ini. Pantai Lakban memiliki daratan pantai yang cukup landai jika dibandingkan dengan pantai pada umumnya. Sehingga memungkinkan wisatawan untuk melakukan beberapa permainan olahraga, seperti sepak bola atau voli.

Pantai Losari
Pantai Losari (Foto: Shutterstock)
Berada di ibu kota Sulawesi Selatan, Losari menjadi ikon Kota Makassar yang wajib Anda kunjungi. Berbeda dengan pantai pada umumnya, Anda tidak bisa menikmati pasir di pantai Losari karena sepanjang pantainya terhalang oleh beton. Meski begitu, Losari menawarkan berbagai macam permainan air seru, seperti banana boat, sepeda air, berlayar menggunakan perahu, hingga memancing.

Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira (Foto: Shutterstock)
Pantai yang dikenal dengan hamparan pasir putihnya yang bersih dan lembut ini  berada di Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. Di pantai Tanjung Bira, wisatawan juga akan disuguhi pemandangan dua pulau yang memiliki keindahannya tersendiri, yaitu Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing yang tidak berpenghuni.

Pantai Pa'Badilang

Berlokasi di Kepulauan Selayar, tepatnya di Dusun Je'ne Kikki, Desa Bungaiyya. Jaraknya sekitar 5 km dari Pelabuhan Pamatata dan 45 km dari Kota Benteng Selayar. Pantai Pa'Badilang masih asli dan alami karena belum terlalu ramai dikunjungi. Meskipun letaknya cukup jauh, pantai ini cocok untuk Anda yang ingin menyepi.

Pantai Lemo

Letaknya berada di daerah Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Pantai ini sangat cocok untuk bersantai menikmati keindahan laut. Deburan ombak yang terus-menerus serta jejeran pohon kelapanya sanggup membuat Anda melupakan kesibukan sehari-hari.

Pantai Appalarang
Pantai Appalarang (Foto: Shutterstock)
Sedikit berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Appalarang tidak memiliki pasir putih. Di sini, Anda akan dimanjakan dengan keindahan batu karang berbentuk tebing yang memanjang indah dari utara ke selatan. Tidak disarankan untuk bermain air di pantai ini, kecuali jika Anda pandai berenang dan mampu berenang di pinggiran karang.

Dari beberapa pilihan pantai cantik di Sulawesi yang sudah Anda baca, mana yang akan dikunjungi untuk menghabiskan liburan nanti? Jangan lupa untuk memesan tiket pesawat dan akomodasi di Traveloka. (adv/adv)