JAZIRAH ISLAM

Pesona di Gerbang Sahara

agr, CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 14:52 WIB
Pesona di Gerbang Sahara Kota Douz (Foto: Istockphoto/IdealPhoto30)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika ada yang harus dikagumi dari Gurun Sahara, itu sebaiknya kota Douz bukan anomali udara yang menyebabkan turunnya salju di hamparan pasir yang gersang dan panas itu.

Douz adalah sebuah kota di pinggir utara Gurun Sahara, Tunisia. Kota Douz sering disebut sebagai The Door Of The Sahara, atau gerbang menuju Sahara.

Namun keistimewaan Douz justru datang dari Kuskus yang menjadi salah satu sajian khas Tunisia.


Olahan gandum yang satu ini seakan menjadi makanan yang wajib disajikan di Tunisia.

Kuskus biasanya dimasak bersamaan dengan lauknya, seperti wortel, kentang, tomat, bawang Tunisia, pasta tomat, dan bumbu kuning khas Tunisia sebagai pelengkap rasa.

Memasak di Gurun Sahara adalah sebuah atraksi tersendiri, karena besarnya terpaan angin gurun yang membawa pasir, ditambah teriknya matahari.

Selain itu, metode memasaknya terbilang sangat tradisional karena masih menggunakan kayu bakar, dan tungku besi sederhana yang ditancapkan ke pasir.

Kuskus yang sudah dicampur dengan minyak zaitun, akan dikukus di atas lauknya yang sedang dimasak.

Bahkan untuk memasaknya hanya dengan menggunakan pasir sebagai pengganti api. Tungku besi hanya perlu diletakkan di atas pasir yang sudah diberi kayu bakar, tinggal menunggu semua terproses dan menikmati sajian khas Douz.

Selain itu, kegiatan yang cocok dilakukan di Douz adalah menunggang unta karena hewan ini adalah hewan  yang mampu bertahan hidup di padang pasir. Tak heran jika Unta menjadi simbol padang pasir.

Unta dapat bertahan hidup selama delapan hari pada suhu 50 derajat celcius, tanpa makan dan minum, kelopak mata unta melindungi mata nya dari debu dan butiran pasir, telapak kaki unta yang lebar pun dapat menahannya dari tenggelam ke dalam pasir.

Hewan ini bahkan menjadi salah satu binatang yang disebut dalam Alquran, tepatnya dalam surat hud ayat 64:

"Hai kaumku, inilah unta betina dari Allah, sebagai mukjizat (yang menunjukkan kebenaran) untukmu, sebab itu biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun yang akan menyebabkan kamu ditimpa azab yang dekat." 

[Gambas:Video CNN] (agr)