Tips Puasa bagi Pengidap Maag Akut

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 24/05/2019 10:42 WIB
Tips Puasa bagi Pengidap Maag Akut Ilustrasi. (Thinkstock/Piotr Marcinski)
Jakarta, CNN Indonesia -- Orang dengan maag akut sering kali kesulitan untuk berpuasa di bulan Ramadan. Namun, penyakit ini dapat disiasati, sehingga orang dengan maag akut dapat berpuasa dengan lancar.

Dokter spesialis penyakit dalam, Agastjya Wasjnu Wardhana menjelaskan, maag akut merupakan gangguan pada sistem pencernaan akibat kelebihan produksi asam lambung.

"Oleh karena itu, maag harus terkendali terlebih dahulu dengan mengonsumsi obat baru boleh berpuasa. Kalau masih mengganggu sampai mual dan nyeri di ulu hati, tidak dianjurkan berpuasa," kata Agastjya kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.


Saat maag sudah terkendali, barulah orang tersebut diperbolehkan untuk berpuasa. Agar dapat berpuasa dengan lancar tanpa perlu takut maag kambuh, Agastjya memberikan beberapa tips bagi orang dengan maag akut.

Pertama, mesti disiplin soal waktu makan.

Agastjya menyarankan agar orang dengan maag akut sahur mendekati waktu imsak. Ini bertujuan agar tidak menahan lapar terlalu lama.

Ketika berbuka, segerakan berbuka dengan air hangat dan makanan yang manis. Setelah itu, istirahat sejenak untuk salat Magrib, baru makan besar.

"Makan bertahap jangan terburu-buru. Tidak bisa langsung blek. Kalau lapar lagi, bisa makan setelah tarawih," ujar Agastjya.

Kedua, pilihlah menu makanan tertentu.

Hindari makanan yang berminyak, bersantan, berlemak, asam, pedas, dan mengandung soda. Begitu pula dengan makanan yang lengket seperti ketan. Buah yang bergetah seperti nangka, sawo, mangga, dan rambutan juga mesti dihindari karena memicu gas.

Ketiga, minum air putih yang banyak.

Konsumsilah air putih yang banyak agar merasa kenyang lebih lama. Minimal minum air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)