Menu Lebaran Alternatif Selain Opor Ayam

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 17:49 WIB
Menu Lebaran Alternatif Selain Opor Ayam Ilustrasi. (Foto: Detikcom/Lusiana Mustinda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lebaran tak selalu harus dengan opor ayam. Hari Raya Idul Fitri dapat dimeriahkan dengan beragam makanan yang nikmat sebagai jamuan keluarga besar saat berkumpul.

Makanan yang disajikan saat Lebaran sebaiknya berbeda dari pada makanan yang dihidangkan pada hari biasa.

"Lebaran itu mesti dirayakan dengan makanan yang meriah, berbeda dengan biasanya," kata Chef Fernando Sindu kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu jelang Hari Raya Idul Fitri.


Makanan yang disiapkan sebenarnya dapat berupa makanan tradisional, tapi mesti diracik dengan cara yang istimewa agar semakin berkesan.

Berikut beberapa menu alternatif yang dapat dihidangkan saat Lebaran.

1. Gulai
Fernando merekomendasikan hidangan gulai untuk dihidangkan saat hari raya. Menurut Fernando, aneka gulai yang berasal dari daerah masing-masing bisa menjadi pilihan saat Lebaran.

Kreasikan gulai ini dengan menggunakan bahan berbeda dari hari biasa seperti daging, kentang, dan berbagai sayuran. Sediakan juga ketupat atau lontong sebagai padanan yang serasi dan pas di hari raya.

2. Nasi liwet
Nasi liwet nikmat dimakan ramai-ramai bersama keluarga saat hari raya. Sajikan nasi liwet dengan aneka lauk seperti ayam tangkap, cumi-cumi, udang, hingga hati ampela. Jangan lupa dengan sayuran agar asupan dan nutrisi serat saat Lebaran tetap didapatkan.

3. Sambal
Sambal tak boleh dilewatkan. Meski terdengar sederhana, kehadiran sambal dapat menggugah selera makan.

"Sambal goreng-gorengan dicampur dengan dendeng, hati, petai, jengkol, kentang, dan sebagainya," ujar Fernando yang merupakan juru masak di balik Benedict Jakarta ini.

4. Makanan renyah
Sajikan pula aneka makanan yang renyah dan gurih seperti dendeng daging atau dendeng paru. Jenis makanan renyah ini dapat memperkaya makanan saat Lebaran.

Aneka kerupuk juga harus tersedia sebagai pelengkap makanan di hari raya.

5. Hidangan penutup
Ragam hidangan penutup seperti puding, agar-agar, es buah dapat dihidangkan saat Lebaran. Pilihlah hidangan penutup bernutrisi tinggi untuk menetralkan makanan di hari raya. Hidangan ini juga akan mempercantik tampilan meja makan di hari raya.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)