Laporan dari Spanyol

Tips Aman Solo Travelling di Andalusia

CNN Indonesia | Kamis, 30/05/2019 19:19 WIB
Tips Aman Solo Travelling di Andalusia Ilustrasi. (Istockphoto/champlifezy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain harga akomodasi, faktor keamanan juga menjadi pertimbangan penting bagi para turis, apalagi jika melakukan wisata sendirian alias solo traveling.

Walau berada di Eropa, namun Spanyol masih menyisakan kekhawatiran. Pasalnya, kota Barcelona di Spanyol terkenal dengan ibu kota pencopet dunia.

Selain Barcelona, Andalusia juga menjadi salah satu destinasi populer di Spanyol. Meski tak sebesar Barcelona, namun Andalusia tetap menarik untuk dinikmati. 



Berikut beberapa tips yang bisa disimak sebelum solo travelling di Andalusia:

1. Siapkan daftar perjalanan

Ada baiknya jika sudah mengetahui tanggal keberangkatan, Anda mulai mempersiapkan agenda harian. Agenda harian ini berisi jadwal harian yang akan Anda lakukan dari awal perjalanan hingga pulang.


Hal ini sebenarnya tak wajib, tetapi cukup penting untuk menjaga rencana Anda 'on the track' dan tidak bingung. Ketika membuat jadwal harian ini Anda bisa sambil melakukan riset, seperti tempat-tempat penting di Andalusia yang ingin dikunjungi.

Estimasi waktu dan jarak. Biaya masuk dan kebutuhan lainnya.

2. Perhatikan lokasi tempat menginap hingga transportasi

Sebagian besar kota di Andalusia seperti Sevilla dan Cordoba tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan berjalan kaki.

Namun, Anda harus memperhatikan lokasi menginap agar berada di tengah-tengah lokasi tujuan wisata. Pasalnya, lokasi yang tepat bisa membantu Anda menghemat biaya transportasi dan waktu untuk mencapai tujuan wisata.

Sementara itu, Anda pun perlu memperhatikan tiket perjalanan antar kota. Jika sudah memiliki jadwal perjalanan, Anda bisa membeli tiket kereta antar kota jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Seperti transportasi dari Granada menuju Cordoba yang hanya memakan waktu 1,5 jam. Anda bisa mempersiapkan tiket kereta tersebut sejak masih berada di Indonesia.

3. Pelajari lokasi wisata yang akan dikunjungi


Penting untuk mengetahui detail wisata yang akan dikunjungi seperti waktu kunjungan dan harga tiket.

Jika lokasi wisata yang Anda tuju menjadi destinasi favorit wisatawan, tak ada salahnya sudah jauh-jauh hari membeli tiket masuk. Hal ini penting agar tak 'zonk' ketika sampai tapi tiket habis atau sudah penuh.


Contohnya untuk Alhambra di Granada. Lokasi ini menjadi lokasi utama para turis mancanegara. Tak jarang, tiket masuk saat akhir pekan sudah habis jauh-jauh hari, sehingga menjadi penting untuk membeli tiket online sedari awal.

4. Siapkan aplikasi penerjemah

Sebagian besar masyarakat di Andalusia menggunakan bahasa Spanyol dan jarang yang fasih berbahasa Inggris. Unduh aplikasi penerjemah sehingga bisa tetap berkomunikasi dengan lancar.

5. Siapkan salinan untuk seluruh dokumen penting

Hal buruk memang tidak diharapkan terjadi. Tapi untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dengan membuat salinan seluruh dokumen sebelum berangkat. Letakkan salinan dokumen tersebut terpisah dari dokumen asli.


6. Taruh uang di beberapa tempat


Ada baiknya Anda tidak meletakkan uang di satu tempat. Hal ini penting jika terjadi hal yang tak diinginkan, sehingga Anda tidak sampai tak memiliki uang sama sekali.


7. Hindari pergi hingga tengah malam

Terkadang wisata malam memang tak terelakkan. Namun, jika Anda sendiri dan tidak yakin dengan daerah yang akan dikunjungi.

Ada baiknya menghindari wisata malam sendirian, walau terkadang banyak pemandangan indah yang tak didapat ketika masih ada matahari, karena keselamatan Anda tetap menjadi terpenting.

[Gambas:Video CNN]

8. Persiapkan pakaian, sepatu dan obat-obatan

Anda perlu memperhatikan musim ketika berkunjung dan menyiapkan pakaian dan sepatu yang sesuai. Walau Anda merasa orang sehat yang jarang sakit, tak ada salahnya tetap mempersiapkan obat-obatan untuk berjaga-jaga.

Wisata sendirian tak mengurangi sedikit pun kesenangan berlibur. Namun, perlu diingat Anda hanya memiliki diri sendiri sehingga intuisi dan percaya pada keputusan yang dibuat sendiri menjadi sangat penting.

(age)