Hukum Mengenakan Baju Baru saat Lebaran

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 05/06/2019 09:33 WIB
Hukum Mengenakan Baju Baru saat Lebaran Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah berpuasa sebulan penuh, umat Islam merayakan hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri. Beragam cara dilakukan untuk menyemarakkan Lebaran termasuk memakai baju.

Ahli agama Islam, Syafiq Hasyim menjelaskan, hukum menggunakan baju baru saat lebaran bukan sebuah kewajiban, melainkan mubah.

Mubah berarti boleh atau diizinkan menurut agama atau tidak dilarang.


"Memakai baju baru saat lebaran enggak wajib, tapi mubah," kata Syafiq kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu jelang Hari Raya Idul Fitri.

Ketentuan berpakaian saat Lebaran terdapat dalam hadis nabi. Hadis yang diriwayatkan Al Bukhori menyatakan, saat Lebaran, Nabi Muhammad menganjurkan untuk menggunakan pakaian yang terbaik.

Pakaian terbaik itu dapat diartikan sebagai pakaian yang bersih dan paling baik yang dimiliki oleh seseorang. Pakaian ini tentunya harus sesuai dengan syariat Islam seperti harus menutup aurat.

Selain itu, disunahkan pula untuk berhias saat hendak melakukan salat Id.

Syafiq menyarankan, agar umat Islam mengutamakan untuk memperbarui diri dan hati yang kembali bersih setelah menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan, dibandingkan membeli baju baru.

"Yang baru bukan bajunya, tapi diri kita, hati kita kembali fitri, kembali suci," ujar Syafiq yang merupakan Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU), PBNU.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)