JAZIRAH ISLAM

Terbius Pesona Sidi Bou Said

agr, CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 04:06 WIB
Terbius Pesona Sidi Bou Said Sidi Bou Said, kota kecil di Utara Tunisia. (Foto: Istockphoto/IdealPhoto30)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sidi Bou Said adalah sebuah kota kecil di Utara Tunisia yang terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya.

Kota ini berada di kawasan perbukitan sekitar 20 kilometer dari ibu kota, Tunis.

Saking kecilnya, banyak yang menyebut kota ini sebagai desa. Kota ini bisa dikatakan cukup mirip dengan kota-kota tujuan wisata di dataran tinggi Indonesia.


Namun, setiap hari ribuan warga lokal maupun wisatawan asing datang untuk menikmati Sidi Bou Said yang menawan.

Mayoritas wisatawan yang datang ke tempat ini biasanya adalah kaum muda. Hal itu karena konturnya yang berbukit, sehingga membutuhkan stamina dan kewaspadaan yang tinggi.

Sebagian besar wisatawan memilih menapaki bukit demi menikmati Teluk Tunisia, dan Pelabuhan Sidi Bou Said.

Sepanjang jalan wisatawan bisa menikmati rindangnya pepohonan dan berbagai bangunan tua yang memesona.

Bangunan di Sidi Bou Said didominasi warna putih dan biru. Jika dilihat dari bangunannya, arsitektur di Sidi Bou Said banyak terpengaruh dari campuran Ottoman dan Andalusia.

Pertumbuhan tempat ini semakin berkembang pada abad ke-13 ketika seorang sufi yang bernama Abu Said El Baija menetap di sini. Baru pada awal abad ke-20 atau saat Prancis menduduki Tunisia, Sidi Bou Said tumbuh menjadi tempat wisata dan kawasan elit di Tunisia.

Selain dikenal sebagai lokasi wisata dan permukiman elit, tempat ini adalah rumah bagi para nelayan tangguh di Tunisia. Salah satunya adalah Madam Sharifa.

Profesi sebagai nelayan di sini, ia menjelaskan, sudah berlangsung turun-temurun. Ketika berusia 22 tahun, ia mendapat warisan sebuah perahu. Sekarang perahunya ada 4 dan memakai mesin semua. Menurutnya menangkap ikan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Jumlah ikan yang bisa ditangkap tergantung musim, bila musim dingin tiba bisa mendapat 10-15 kilogram ikan. Namun saat musim semi, jumlah tangkapan pun menyusut jadi hanya sekitar 3-4 kilogram saja. 

[Gambas:Video CNN] (agr)