Aplikasi untuk Memudahkan Perjalanan Libur Lebaran

agr, CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 14:40 WIB
Aplikasi untuk Memudahkan Perjalanan Libur Lebaran Ilustrasi. (Foto: ANTARANEWS/Akhmad Nazaruddin Lathif)
Jakarta, CNN Indonesia -- Libur lebaran merupakan momen yang cukup dinanti, pasalnya banyak aktivitas yang bisa dilakukan pada saat yang bersamaan.

Selain bersilaturahim dengan keluarga dan kerabat, lebaran juga dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berwisata.

Tak heran jika sebagian besar orang memperlakukan perjalanan libur lebaran, layaknya perjalanan lain yang tak kalah seru.


Untuk memudahkan perjalanan libur lebaran, berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa dijadikan pilihan.

Online Travel Agency
Barangkali istilah ini kurang dikenal di masyarakat Indonesia, namun jika menyebut kata taveloka, pegi-pegi, agoda, skyscanner, dan lainnya niscaya akan jauh lebih menjelaskan tentang apa itu Online Travel Agency (OTA).

Sejak setahun terakhir, OTA mengembangkan fitur-fiturnya sehingga pelanggan bisa memilih mana yang tepat berdasarkan kebutuhan dan selera.

TripIt
Awalnya TripIt adalah aplikasi pencatat itinerary secara manual, namun aplikasi ini bertransformasi jadi aplikasi asistensi personal yang menawarkan penyusunan itinerary secara otomatis bagi kebutuhan pelancong.

Itinerary pengguna aplikasi akan diatur ke dalam jadwal khusus, lengkap dengan detail transportasi untuk memudahkan akomodasi perjalanan di lokasi tujuan secara maksimal.

TripAdvisor
TripAdvisor adalah layanan situs wisata terbesar yang sangat membantu wisatawan untuk membuat perjalanan mereka jauh dari masalah.

Situs ini memberikan banyak rekomendasi destinasi wisata di kota tujuan berdasarkan pengalaman para wisatawan sebelumnya. Singkatnya TripAdvisor layaknya situs jejaring sosial namun yang dikhususkan bagi para pelancong.

Packpoint
Bagi yang memiliki masalah dengan daftar barang bawaan untuk bepergian, aplikasi ini perlu masuk dalam gawai.

Aplikasi asistensi personal ini memiliki kemampuan untuk mengatur kelengkapan bawaan berdasarkan durasi perjalanan, cuaca di tempat tujuan, hingga jenis aktivitas yang direncanakan dalam perjalanan.

Aplikasi Google
Bagi pengguna perangkat android, aplikasi google layaknya sendi yang tidak bisa dilepaskan. Aplikasi seperti google map, google earth, dan google translate adalah hal wajib bagi para wisatawan.

Bahkan kini google sudah mengoptimalkan google flights, google travel, dan google trips untuk memudahkan wisatawan.

Expensify
Aplikasi ini berguna untuk membantu mencatat total biaya perjalanan secara detail. Cara menggunakan aplikasi ini adalah memindai setiap struk pembayaran dalam perjalanan.

Nantinya aplikasi ini akan mendata setiap struk tersebut, dan menghitung total pengeluaran dari seluruh nota pembayaran.

[Gambas:Video CNN] (agr)