LAPORAN DARI SPANYOL

Mencari Oleh-oleh Khas Andalusia

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Kamis, 30/05/2019 19:39 WIB
Mencari Oleh-oleh Khas Andalusia Sudut Kota Cordoba tempat membeli oleh-oleh. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak lengkap rasanya jika melancong ke Andalusia tapi pulang dengan tangan kosong. Wilayah Andalusia yang kaya akan budaya dan sejarah memiliki berbagai ragam oleh-oleh bagi para pelancong untuk dibawa pulang ke Tanah Air.

Ketika berkunjung ke 'segitiga emas' Andalusia, yakni Granada, Cordoba dan Sevilla, masing-masing kota memiliki ciri khasnya masing-masing.

Sehingga rasanya sayang jika tak membawa sedikit buah tangan ke Indonesia. Berikut oleh-oleh khas Andalusia yang bisa pelancong borong:


Keramik

Berbagai toko souvenir di Granada, Cordoba dan Sevilla menjajakan oleh-oleh keramik dengan berbagai model. Dari mulai tempelan kulkas, pajangan hingga papan nama. Desain yang ditampilkan pun beragam seperti mozaik khas Moors, hingga abjad yang bisa disusun menjadi papan nama.
(EMB) Mencari Oleh-oleh Khas AndalusiaOleh-oleh keramik di Cordoba. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)

Di Cordoba, keramik yang ditawarkan memiliki variasi yang berbeda seperti yang ditawarkan di Granada atau Sevilla.

Kota ini memiliki desain keramik menyerupai bangunan Mezquita Catedral de Cordoba. Harga souvenir di sini beragam. 

Dari mulai 2 Euro untuk satu tempelan kulkas hingga ratusa euro untuk keramik-keramik antik.

Kipas

Jangan bayangan kipas yang sering Anda dapatkan dari souvenir pernikahan. Anda akan menemukan banyak toko kipas di Sevilla.

Pasalnya, kipas menjadi identik dengan aksesoris yang digunakan para penari flamenco. Kipas-kipas yang dijajakan toko diatur sangat indah dari mulai warna hingga desain.
(EMB) Mencari Oleh-oleh Khas AndalusiaOleh-oleh kipas khas Sevilla. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)

Harga souvenir ini pun beragam dimulai dari kisaran 9 Euro hingga puluhan euro. Sayangnya, tak semua kota Andalusia memiliki toko kipas.

Anda akan menemukan banyak toko kipas di Sevilla.

Baju Penari Flamenco

Flamenco merupakan tarian khas Sevilla, sehingga tak heran banyak souvenir yang khas dengan penari Flamenco.

Anda bisa membeli pakaian bak penari Flamenco. Sayangnya, pakaian ini dibanderol cukup mahal. Tapi jangan berkecil hati, anda masih bisa mengabadikan tarian ini dalam tempelan kulkas hingga kartu pos dengan harga yang lebih ramah kantong pelancong.

Banteng

Siapa yak kenal kuatnya matador dengan bantengnya di Spanyol? Andalusia menjadi wilayah yang paling terkenal dengan adu banteng.

Wilayah ini kabarnya memiliki bullsring atau arena adu banteng lebih dari 70 lokasi. Tak heran banyak souvenir dengan khas banteng tersebar di Granada, Sevilla hingga Cordoba.

Dari mulai tempelan kulkas, patung hingga kaos. Ada pula souvenir yang menggabungkan mozaik keramik berbentuk banteng.
(EMB) Mencari Oleh-oleh Khas AndalusiaSouvenir Andalusia. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)

Sedikit tips ketika berbelanja oleh-oleh, jangan terlalu sering melakukan konversi euro ke rupiah. Karena memang dari segi harga, satu tempelan kulkas di Andalusia cukup mahal jika dibandingkan di Indonesia.

Selain itu, buatlah list oleh-oleh yang ingin dibeli lengkap dengan penerimanya. Hal ini menjadi penting agar Anda tak membeli barang berlebih.


Selamat berbelanja!

[Gambas:Video CNN]
(age/age)