Camilan Sehat sebagai Suplemen Alami saat Arus Balik Lebaran

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 09/06/2019 18:17 WIB
Camilan Sehat sebagai Suplemen Alami saat Arus Balik Lebaran Ilustrasi roti gandum. (Pixabay/edar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semua pemudik ingin selamat dan sehat hingga tiba di kampung halaman. Tak jarang persiapan mulai dilakukan, mulai dari cek kondisi kendaraan, membawa perbekalan cukup, obat-obatan hingga suplemen.

Semua nutrisi yang diperlukan tubuh dapat diperoleh dari makanan. Namun, dalam kondisi lelah seperti dalam perjalanan mudik, kebutuhan nutrisi perlu lebih dilengkapi. Suplemen diperlukan dalam hal ini.

Ahli gizi, Jansen Ongko, menyarankan agar pemudik tetap mengonsumsi sumber makanan alami seperti buah-buahan segar dan camilan sehat. "Makanan alami dibutuhkan untuk menambah energi dan stamina tubuh selama mudik," kata dia melalui surat elektronik pada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.


Berikut camilan alami dan sehat yang dapat Anda persiapkan.

1. Pisang
Buah satu ini layak diselipkan sebagai bekal perjalanan mudik. Pisang bisa dijadikan pengganjal perut saat lapar dalam perjalanan. Di samping memberikan rasa kenyang, pisang mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Pisang juga kaya akan serat. Dalam 100 gram pisang atau setara dengan satu buah pisang berukuran sedang mengandung 2,6 gram serat. Mengutip Healthline, kandungan air dalam pisang sebanyak 75 persen dapat membantu mencegah dehidrasi.

2. Stroberi
Agar tubuh tidak cepat merasa lelah, buah stroberi layak dikonsumsi. Buah ini aman untuk dikonsumsi tanpa takut berat badan bertambah lantaran kandungan kalorinya yang rendah, tinggi vitamin C, mangan, serta serat.

"Buah ini juga kaya akan antioksidan yang membantu memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh serta melawan sel radikal bebas," imbuh Jansen.

3. Jeruk
Selain stroberi, jeruk juga bisa dijadikan penambah stamina dan membuat tubuh tetap segar. Jeruk mengandung banyak vitamin C, asam folat, dan kalium.

Jansen menyarankan Anda untuk mengonsumsi jeruk tanpa mengupas lapisan putih pada permukaannya. Lapisan atau selaput putih pada jeruk mengandung pektin dan serat yang baik untuk tubuh.

4. Apel
Apel masih jadi primadona dunia buah. Buah ini cukup praktis dikonsumsi. Akan lebih baik jika apel dikonsumsi bersama dengan kulitnya.

Apel mengandung banyak serat yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, apel juga memberikan energi tubuh tetap terjaga.

5. Roti gandum
Roti gandum bisa dijadikan sumber energi selama mudik. Agar tidak bosan, pilih isian roti gandum sesuai selera. Namun, ada beberapa catatan yang patut jadi perhatian.

Hindari isian dengan rasa pedas karena bisa memicu masalah pencernaan. Isian yang terlalu manis dan asin juga bakal membuat perut cepat lapar.

Anda bisa memasangkan roti gandum dengan telur seperti poached egg sebagai sumber protein. Anda juga bisa menambahkan irisan alpukat sebagai sumber lemak sehat.

6. Sayuran kukus
"Tak hanya buah-buahan, Anda juga bisa membawa sayuran kukus saat perjalanan mudik," kata Jansen.

Namun, sayur kukus akan cepat layu dan basi jika tidak segera dikonsumsi. Agar tetap dapat dikonsumsi dalam kondisi segar, sebaiknya dahulukan mencamil sayuran kukus sebelum camilan lainnya.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)