4 Tahun 'Absen', Wabah Polio Kembali Serang Kamerun

tim, CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 19:24 WIB
4 Tahun 'Absen', Wabah Polio Kembali Serang Kamerun ilustrasi vaksin polio (Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kamerun mengumumkan keadaan darurat umum setelah dilaporkan adanya kasus polio di bagian utara negara tersebut.

Kementerian Kesehatan setempat mengatakan bahwa kasus ini menjadi kasus yang menarik perhatian pemerintah karena wabah polio kembali muncul di negara ini setelah empat tahun virus tersebut menghilang.

Kasus polio tipe dua ini dikonfirmasi ditemukan di daerah Mada di bagian utara Kamerun yang terpencil. Kawasan ini berbatasan dengan Chad dan Nigeria.


"Epidemi polio baru setelah konfirmasi kasus poliovirus tipe 2 terdeteksi dalam sampel," bunyi pernyataan tersebut dikutip dari AFP.


Sebuah sumber di kementerian mengatakan bahwa wabah itu mungkin sebagian disebabkan oleh penolakan vaksinasi oleh warga setempat dan juga pergerakan lintas batas orang-orang di daerah tersebut.

Tak dimungkiri kalau polio adalah penyakit yang sangat menular dan umumnya menyerang anak kecil. Penyakit ini berisiko menyebabkan kelumpuhan permanen. Sayangnya, sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan polio. Yang ada polio hanya bisa dicegah melalui vaksinasi.

Namun upaya vaksinasi untuk mencegah polio ini mengalami masalah di Pakistan dan Afghanistan. Kaum militan dan pemimpin agama di pedesaan sering mengatakan bahwa imunisasi atau vaksinasi adalah bagian dari konspirasi gelap untuk melemahkan agama dan kepercayaan mereka. (AFP/chs)