Agar Tak Mabuk Laut saat Mudik

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 02/06/2019 10:16 WIB
Agar Tak Mabuk Laut saat Mudik Ilustrasi mudik dengan jalur laut. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mabuk laut kerap mengganggu mereka yang melakukan perjalanan mudik Lebaran menggunakan jalur laut. Rasa mual tak bisa dihindari.

Banyak hal jadi pemicu mabuk laut. Sebut saja lupa mengisi perut hingga salah mengonsumsi makanan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat mabuk laut mengganggu perjalanan mudik Lebaran Anda.

1. Usahakan memperoleh udara segar
Kondisi kapal yang sesak penumpang bisa memperparah mabuk laut. Usahakan memperoleh udara segar dari jendela atau keluar menuju dek kapal.

Udara segar bisa menurunkan gejala mabuk laut seperti rasa mual dan pusing serta menurunkan suhu tubuh. Selain itu, angin juga bisa membantu menghilangkan keringat yang membuat tubuh tidak nyaman.

Coba atur pernapasan misal dengan menghirup napas perlahan dan embuskan melalui mulut. Ulangi beberapa kali hingga terasa rileks.

2. Manfaatkan jahe
Rempah satu ini memiliki banyak manfaat, termasuk sebagai pereda mabuk laut. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman atau permen.

Jahe banyak digunakan sebagai obat sejak zaman China kuno. Jahe bisa memberikan rasa hangat di tubuh dan menghilangkan mual.

3. Menatap cakrawala
Mabuk laut biasanya disebabkan oleh sinyal sensorik yang diberikan indera pada otak. Gampangnya, mata mengatakan semuanya masih diam, tetapi mekanisme keseimbangan telinga bagian dalam (sistem vestibular) mengatakan Anda bergerak.

Dalam kondisi tersebut, akan lebih baik jika Anda menatap cakrawala. Ini akan memberikan referensi pada otak dan mendorong otak untuk menangkap sinyal gerakan kapal lewat tubuh.

4. Akupresur
Saat mabuk laut, coba pijat pergelangan tangan. Metode ini akrab disebut akupresur atau memberikan tekanan pada titik tertentu. Ada pula yang memberikan tekanan dengan menggunakan wristband atau semacam gelang yang mengikat pergelangan tangan.

5. Konsumsi obat
Cara ampuh lain adalah dengan mengonsumsi obat antimabuk. Obat seperti ini banyak tersedia di pasaran.

Namun, obat memberikan efek mengantuk. Anda disarankan untuk tidak berjalan-jalan di dek kapal setelah minum obat.

[Gambas:Video CNN]


(els/asr)