Mengurai Lonjakan Pengunjung Borobudur saat Libur Lebaran

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 13:31 WIB
Mengurai Lonjakan Pengunjung Borobudur saat Libur Lebaran Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu magnet wisata sat libur lebaran.. (Foto: CNN Indonesia/Rahman Indra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung pada masa libur lebaran 1440 Hijriah, pengelola Taman Wisata Candi Borobudur akan menambah satu pintu masuk.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Hetty Herawati, menuturkan akan ada 14 pintu scan tiket di Taman Wisata Candi Borobudur selama masa libur lebaran.

"Selain itu, kami juga memperbaiki ticketing system dan menambah mesin scan tiket termasuk cashless gate," kata Hetty seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (4/6).


Ia mengatakan TWC juga akan melibatkan pelajar dan mahasiswa pecinta heritage, untuk membantu pengunjung yang membutuhkan informasi di taman candi.

Hetty berharap pihaknya bisa mempromosikan dan menularkan kecintaan akan heritage, dan filosofi budaya Indonesia kepada generasi muda.

"Kami paham bahwa di zaman now ini wisatawan membutuhkan konten dan atraksi yang tidak membosankan, untuk dibagikan di media sosial," ujarnya.

"Atas dasar itulah TWC berkomitmen untuk melestarikan authenticity dan konteks budaya lokal di kawasan taman Candi Borobudur."

Oleh karena itu, ia melanjutkan, pihaknya menggandeng beberapa seniman lokal dan masyarakat untuk menampilkan atraksi budaya, seperti pertunjukan seni khas Jawa seperti cokekan, perkusi, kidung karmawibangga, dan pertunjukan askrab.

Hetty mengatakan kunci utama untuk bisa mendapatkan pengalaman berwisata yang menyenangkan adalah wisatawan merasa nyaman.

Oleh karena itu, Hetty melanjutkan, selaku pengelola kawasan destinasi wisata pihaknya menyadari pentingnya untuk senantiasa meningkatkan akses, atraksi, dan amenitas, terutama dalam menyambut masa liburan Lebaran 2019 yang diperkirakan berlangsung hingga 15 Juni 2019.

[Gambas:Video CNN] (agr)