Trik Ampuh Bersihkan Noda Minyak Rendang dan Opor di Baju

tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 08:26 WIB
Trik Ampuh Bersihkan Noda Minyak Rendang dan Opor di Baju Hati-hati saat makan rendang dan opor. Noda minyak dan noda santan kuning bisa menempel di baju. (Pezibear/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran kerap menjadi momen untuk menikmati sejumlah menu makanan istimewa. Beberapa yang cukup menjadi menu favorit di antaranya opor ayam, rendang, gulai, hingga sambal goreng kentang ati.


Hanya saja, bisa jadi, saking senangnya bisa makan ketupat di hari istimewa membuat Anda jadi sedikit ceroboh. Tanpa sadar, tetesan minyak atau bumbu rendang dan kuah opor jatuh ke pakaian yang dikenakan. 

Makin 'bahaya' kalau ternyata Anda pakai baju warna putih atau cerah. 


Noda lemak itu pun berakhir menjadi sebuah mimpi buruk. Hanya saja, bukan berarti itu tak dapat diatasi. Ada sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan noda lemak seperti bumbu rendang dan sebagainya.


Berikut tips mencuci baju saat terkena noda lemak, menurut ahli di The Drycleaning & Laundry Institute, Brian Johnson, dikutip dari Martha Stewart Living.

Cuci Segera

Begitu menemukan noda dalam pakaian, Johnson menyarankan agar mencucinya dengan segera. Menurutnya, semakin cepat pakaian itu dicuci, akan semakin mudah mengatasi masalah noda yang menempel.

Gunakan Air Panas dan Penghilang Noda 

Selama proses pencucian pun ada baiknya pada pakaian warna putih ditambah zat pemutih atau penghilang noda dan gunakan air panas. Menurutnya, panas membantu meningkatkan reaksi kimia, sehingga semakin panas air akan semakin baik deterjen atau pemutih bekerja.

Kurangi Jumlah Pakaian saat Dicuci Bersamaan

Johnson mengungkapkan salah satu cara agar pakaian kembali bersih sempurna yakni tidak dicuci bersamaan dengan pakaian lain dalam jumlah banyak. Menurutnya, semakin banyak pakaian yang dicuci bersamaan, semakin banyak kotoran dan debu yang keluar dalam proses pencucian.

Alih-alih membuatnya kembali bersih, proses itu disebutnya justru menambah kotoran untuk mengendap di pakaian lain.

Gunakan Jumlah Deterjen yang Tepat

Jenis deterjen yang digunakan, kata Johnson, tidak sepenting jumlah yang digunakan. Ketika kotoran dilepaskan ke air, salah satu fungsi utama deterjen adalah mencegahnya agar tidak kembali ke kain. 

Cuci dalam Kondisi Terbalik

Direktur Riset dan Pengembangan Hanes, Mike Abbot mengatakan bahwa sebelum mencucinya pastikan pakaian itu sudah dibalikkan. Menurutnya, cara itu membuat bagian luar pakaian akan terlihat lebih 'fresh.'


Gunakan soda kue

Gunakan bubuk soda kue pada bagian yang terkena noda. Diamkan beberapa saat. Setelah bubuk soda kue sudah menyerap noda, bersihkan, cuci seperti biasa.

Gunakan sabun pencuci piring
Gunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan noda minyak. Gosok dengan gerakan memutar memakai sikat gigi.

Bedak bayi
Keringkan noda lemak terlebih dulu dengan tisu. Gunakan bedak bayi untuk menutupi noda atau minyak. Diamkan beberapa saat sampai bedak menyerap noda. Cuci seperti biasa. (agn/chs)


BACA JUGA