Ekowisata Tosela, Destinasi Baru Libur Lebaran di Kepri

CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 05:21 WIB
Ekowisata Tosela, Destinasi Baru Libur Lebaran di Kepri Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain diisi dengan aktivitas mudik dan berhari raya ke rumah sanak saudara, momen hari raya idul fitri, biasanya dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat wisata.

Salah satu lokasi wisata yang menjadi favorit baru untuk warga Kabupaten Bintan, Provinsi kepulauan Riau adalah Ekowisata Toapaya Selatan (Tosela).

Banyak warga Bintan menjadikan tempat ini sebagai pilihan untuk mengisi libur lebaran.


Ekowisata Tosela ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Area seluas lebih kurang sembilan hektare itu ditata untuk area rekreasi race ATV, sepeda gunung, dan olahraga panah.

Lokasi tersebut berada di dalam perkebunan durian, mangga dan sejumlah jenis tanaman buah-buahan lainnya.

Bahkan, di lokasi ini pula, pengelola Ekowisata Tosela menyediakan paket wisata mangrove sepanjang 10 kilometer, dengan durasi waktu 1 jam 30 menit.

"Lebaran kedua atau Kamis (6/6), kami sudah mulai buka untuk pengunjung," kata penanggung jawab ekowisata Tosela Bintan, Suhenda, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (5/6).

Untuk tarif beragam sesuai dengan paket yang ditawarkan. Dia katakan dengan bermain 30 menit, pengunjung sudah bisa menikmati sepeda gunung, race ATV dan memanah. Tarif paket khusus ini sebesar Rp55 ribu per orang, per 30 menit.

"Itu sudah termasuk bonus air mineral. Kalau hanya sepeda gunung, tarifnya Rp20 ribu per jam, plus air mineral. Sedangkan panahan, Rp15 ribu per 6 busur," jelasnya.

Fasilitas lainnya, kata Suhenda, di area Ekowisata Tosela juga menyediakan gazebo, etalase, dan pokcai serta adventure bersama ATV.

"Sewa gazebo Rp20 ribu per sekali pakai, kalau etalase Rp10 ribu. Kalau pokcai untuk tour wisata mangrove Rp50 ribu per orang, sudah disediakan makanan ringan," kata Suhenda.

[Gambas:Video CNN] (ANTARA/agr)