Rusia Resmikan Kereta Wisata yang Lewati Kutub Utara Artik

CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 05:40 WIB
Rusia Resmikan Kereta Wisata yang Lewati Kutub Utara Artik Ilustrasi (Christof STACHE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia membuka kereta turis pertama yang melewati kawasan kutub utara alias Artik menuju Norwegia. Kereta ini akan diberangkatkan dari Saint Petersburg, Rabu (5/6) dengan 91 penumpang yang akan menaiki perjalanan percobaan pertama kereta itu. Mereka adalah wisatawan datang dari tujuh negara termasuk AS, Jerman, Norwegia, dan Rusia.

"Artik membuat semua orang bersemangat," jelas Nurlan Mukash, Direktur Eksekutif grup tur German Lernidee Еrlebnisreisen yang berada di balik proyek ini, seperti dikutip AFP.
"Tujuan wisata ini telah dilakukan oleh agensi turis Kanda dan Norwegia, namun belum dilakukan oleh Rusia," tambahnya.

Kereta itu dinamakan Zarengold yang berarti emas Tsar dalam bahasa Jerman. Kereta ini dilengkapi dengan dua gerbong kereta restauran, dan akan melintasi Saint Petersburg melewati Petrozavodsk, kota bersejarah Kem dan Murmansk.

Murmansk sejauh ini merupakan kota terbesar di utara lingkaran Arktik. Di kota ini para wisatawan akan turun dari kereta dan melanjutkan dengan bus ke Kirkenes di Norwegia. Mereka pun akan mengakhiri perjalanan dengan perahu ke Oslo atau lewat udara ke pulau Spitsbergen.


Seluruh perjalanan ini akan memakan waktu 11 hari. menurut penyelenggara. Para penumpang berkesempatan untuk menemukan daerah-daerah yang akan sulit diakses dengan cara lain.

"Di masa depan kami berharap untuk menjalankan kereta api secara teratur," kata Mukash, menambahkan bahwa kereta api mereka diharapkan untuk berjalan dua kali tahun depan dan empat kali pada tahun 2021. 

Rusia berharap menjadi kekuatan ekonomi dan militer teratas di Kutub Utara. Negara ini juga memperkirakan akan membuat rute perdagangan baru saat pemanasan global memecah gletser. (AFP/eks)