Miniseri Sukses, Wisata Chernobyl Meroket 40 Persen

tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 12:29 WIB
Miniseri Sukses, Wisata Chernobyl Meroket 40 Persen Kesuksesan miniseri di saluran televisi berbayar pun berimbas pada melonjaknya pengunjung kota Chernobyl, Ukraina. (REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Miniseri 'Chernobyl' menuai sukses setelah ditayangkan di jaringan televisi kabel HBO. Kesuksesan miniseri ini pun berimbas pada melonjaknya pengunjung kota Chernobyl, Ukraina

Sebuah agen tur Chernobyl menyebut ada kenaikan reservasi tur sebanyak 40 persen sejak miniseri itu ditayangkan. Tur berbahasa Inggris biasanya berbiaya US$100 atau sekitar Rp1,4 juta per orang. 

Sergiy Ivanchuk, direktur agen tur SoloEast berkata perusahaannya melihat peningkatan sebanyak 30 persen pada Mei 2019 dibanding dengan tahun lalu di bulan yang sama. Reservasi untuk Juni, Juli dan Agustus meningkat sekitar 40 persen sejak miniseri tayang pada awal Mei lalu. 


Senada dengan Ivanchuk, Yaroslav Yemelianenko, direktur agen tur Chernobyl Tour mengatakan dirinya memperkirakan kenaikan pengunjung sebesar 30-40 persen karena miniseri Chernobyl.  


Perusahaannya menawarkan tur spesial yang mengajak pengunjung ke lokasi-lokasi persis di miniseri. Lokasi ini termasuk bunker pengungsian.

Ada bus harian yang tersedia di tengah kota Kiev dan siap mengantar pengunjung sejauh 120 kilometer ke area. Pengunjung pun bisa melihat monumen yang dibangun untuk mengenang korban dan desa-desa yang terlantar. Selain itu di sana pengunjung bisa menikmati makan siang di satu-satunya restoran di Chernobyl. 

Kemudian mereka akan dibawa melihat reaktor nomor empat. Sejak 2017 reaktor ditutupi kubah logam besar setinggi 105 meter. Tur pun berakhir dengan jalan-jalan di sekitar Pripyat. Sebelum menjadi kota hantu, Pripyat pernah jadi naungan bagi 50ribu orang penduduk. Rata-rata mereka bekerja di pabrik dan sebuah taman hiburan. 

Viktoria Brozhko, pemandu wisata menuturkan semakin banyak orang penasaran dengan Chernobyl. Rata-rata pengunjung menanyakan lokasi wisata berkaitan dengan miniseri. 

"Selama seluruh kunjungan ke zona Chernobyl, Anda akan mendapatkan sekitar dua microsievert yang sama dengan jumlah radiasi yang Anda dapat saat tinggal di rumah selama 24 jam," kata Brozhko melansir dari Reuters. 

Miniseri HBO mengambil cerita pascaledakan, operasi pembersihan dan penyelidikan lanjutan. Penanganan pemerintah terhadap bencana pun datang 36 jam pascaledakan. Miniseri juga menyorot kekurangan sistem birokrasi Soviet yang tidak bertanggung jawab plus budaya kerahasiaan yang mengakar. 

Peristiwa ini memakan korban sebanyak 31 orang tewas dan puluhan ribu lain melarikan diri. Namun belum bisa dipastikan korban akibat efek radiasi serta kanker atau penyakit lainnya. 

Craig Mazin, kreator miniseri sempat mengunjungi kota hantu ini sebelum memulai karyanya. Dia merasakan pengalaman religius selama menjejakkan kaki di sana. 


"Berjalan di mana mereka pernah berjalan rasanya sangat aneh, dan berada di bawah langit yang sama Anda mulai merasa cukup dekat dengan mereka yang pernah di sini," katanya melalui podcast HBO beberapa waktu lalu.  (els/chs)