MRT Jakarta, Wahana Rekreasi bagi yang Tidak Mudik Lebaran

CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 18:33 WIB
MRT Jakarta, Wahana Rekreasi bagi yang Tidak Mudik Lebaran Ilustrasi MRT. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gemuruh mesin Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) mulai terdengar dari kejauhan. Kereta yang berangkat dari Stasiun Lebak Bulus itu pun tiba di Stasiun Fatmawati.

Farida Mahmud (33) sigap menggandeng tangan kedua anaknya, Bisma (5) dan Andri (9). Mereka bersiap memasuki salah satu gerbong MRT yang akan segera terbuka pintunya.

Begitu pintu terbuka, Farida sibuk mencari tempat duduk untuk kedua anaknya. Salah satu penumpang yang bertampak belia, menawarkan Farida satu kursi yang semula ditempatinya.


"Terima kasih," ujar Farida sembari mendudukkan Bisma, putranya yang paling muda.

Sementara ia masih terus memegangi tangan Andri, putra sulungnya, sembari berpegangan di pilar pinggir tempat duduk di dalam MRT. Tak lama berselang, Farida mengeluarkan ponsel pintar dari dalam tas selempangnya.

Ia kemudian menyuruh Andri merapat ke Bisma dan mengambil foto keduanya.

"Ini pertama kali saya dan kedua anak saya naik MRT, sengaja memang ajak mereka jalan-jalan naik MRT, mumpung libur," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (6/6).

Farida mengatakan sebenarnya ia sudah lama ingin mengajak kedua putranya naik MRT, moda transportasi yang belum lama diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Sayangnya, belum ada waktu yang pas untuk menjajal MRT dengan kedua anaknya.

Meski begitu, ia menambahkan, antusias mencoba MRT tidak berkurang. Bahkan, ketika penumpang MRT justru 'membludak' di masa libur Lebaran saat ini.

"Soalnya kalau hari biasa, saya kerja. Anak saya yang satu sekolah juga. Jadi sekarang ini saja," ungkapnya.

Lagipula, kata Farida, mencoba MRT saat libur Lebaran menjadi salah satu jenis rekreasi yang bisa diberikannya kepada anak-anaknya. Toh, moda transportasi itu masih 'hits' di kalangan masyarakat.

Sementara, aktivitas rekreasi lain sudah pernah dilakukannya bersama anak. Misalnya, pergi ke Kebun Binatang Ragunan, menaiki delman di sekitaran Monas, hingga berburu foto di Kota Tua.

"Ya anggap saja rekreasi baru untuk anak-anak," ujarnya seraya tersenyum.

Tak berselang lama, Farida dan kedua anaknya pun turun di Stasiun Blok M. Ia mengungkapkan akan mengajak kedua putranya makan di Plaza Blok M, salah satu mal terhubung dengan stasiun MRT.

"Setelah dari Blok M, ya pulang lagi ke rumah," katanya sebelum keluar dari gerbong kereta.

Tak berbeda dengan Farida, Ani Yuniarti (30) juga sengaja berekreasi menghabiskan masa libur Lebaran dengan naik MRT. Maklum saja, Ani mengaku tak punya waktu lain untuk mencoba MRT selain masa liburan kali ini. Sebab, sehari-hari ia tinggal di Bandung, Jawa Barat lantaran ikut suami yang bekerja di Kota Kembang itu.

"Kebetulan Lebaran di Jakarta, ke rumah kakak ipar saya, jadi sekalian coba MRT. Kakak saya dan ipar saya sih sudah sering naik MRT, ini mereka temani saya dan keluarga saja," ucapnya.

Di sisi lain, ia dan kakaknya memang tidak menjalankan ritual mudik Lebaran pada tahun ini. Sebab, kedua orang tuanya sudah tidak ada. Sementara rumah orang tua di kampung halaman di Semarang, Jawa Tengah juga sudah tidak ada.

Walhasil, katanya, mencoba MRT menjadi salah satu bentuk rekreasi untuk mengisi masa libur Lebaran sebelum kembali ke Bandung pada Jumat (7/6) besok.

[Gambas:Video CNN] (uli/agr)