Kakak Beradik asal Portugal Jadi Saudara Tertua di Dunia

Tim, CNN Indonesia | Senin, 10/06/2019 13:24 WIB
Kakak Beradik asal Portugal Jadi Saudara Tertua di Dunia Alberto dan Andrade tercatat sebagai saudara tertua di dunia. (Dok. Guinness World Records via Youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua orang kakak beradik asal Portugal baru saja mencatatkan nama mereka sebagai pemilik rekor saudara tertua di dunia.

Mereka adalah Albano Andrade yang lahir pada 14 Desember 1909 dan adiknya Alberto Andrade yang lahir pada 2 Desember 1911. Albano dan Alberto yang kini tinggal di Santa Maria da Feira, Portugal itu berusia 109 tahun dan 107 tahun.

Jika digabungkan, umur mereka mencapai lebih dari 216 tahun, usia gabungan kakak beradik tertua di dunia. Nama mereka pun tercatat di Guinness World Records sebagai rekor 'Usia Gabungan Tertinggi, Dua Saudara Kandung yang Masih Hidup.'



Albano dan Alberto mengungkapkan, rahasia panjang umur mereka terletak pada pola makan dan perilaku yang baik.

"Jangan makan berlebihan, jangan mabuk... dan berperilaku baik," kata Albano, dikutip dari situs resmi Guinness World Records.

Mereka juga rutin melakukan kegiatan fisik. Saat masih muda, kata mereka, keluarga Andrade bepergian menggunakan sepeda sehingga memaksa mereka untuk terus bergerak.

Selain itu, Albano dan Alberto juga selalu hidup rukun. "Kami selalu berteman baik, dengan banyak waktu bersenang-senang ... kami tidak pernah bertengkar," ungkap Alberto.


Menurut keduanya, mereka sudah dekat dan kerap bermain bersama sejak kecil. Keduanya bahkan pernah membuat sebuah band dan tur ke beberapa negara saat masih muda.

"Saya memainkan saksofon saat tur dan bermain biola ketika sedang tidak tur," tutur Albano. Serupa dengan Albano, Alberto juga mengalunkan nada dari saksofon.

Walaupun Albano dan Alberto memegang rekor saudara tertua di dunia, mereka masih tertinggal dari orang tertua di dunia. Saat ini rekor orang tertua dunia tercatat berusia 116 tahun dan 54 hari.

[Gambas:Youtube] (ptj/rsa)


ARTIKEL TERKAIT