Mengenal Gejala Gangguan Hormonal PCOS

tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 14:23 WIB
Mengenal Gejala Gangguan Hormonal PCOS ilustrasi datang bulan (DieterRobbins/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gangguan Hormonal PCOS (Polycystic ovary syndrome) merupakan salah satu gangguan yang kerap menyerang perempuan.

PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan gangguan hormonal yang menyebabkan pembesaran ovarium dengan kista kecil di tepi luar.

Perempuan dengan PCOS menghasilkan hormon pria yakni androgen dalam jumlah lebih tinggi dari normal. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan perempuan dengan PCOS memiliki periode menstruasi yang tidak teratur dan lebih sulit hamil.


PCOS biasanya mempengaruhi perempuan subur dengan rentang usia 15-44 tahun. Studi menunjukkan hampir 70 persen perempuan dengan PCOS tidak mengetahui sudah mengalami gangguan hormonal ini.

PCOS merupakan sindrom yang mempengaruhi ovarium dan ovulasi dengan tiga gejala utama yakni kista di ovarium, kadar hormon pria yang tinggi, dan periode menstruasi yang tidak teratur.



Dikutip dari situs kesehatan Healthline, tak diketahui secara pasti penyebab PCOS. Namun, gangguan hormonal ini dikaitkan dengan gen, resistansi insulin, dan peradangan dikaitkan dengan kelebihan produksi androgen.

Berikut gejala yang umum dialami oleh perempuan dengan PCOS.

1. Menstruasi tidak teratur
Perempuan dengan PCOS kerap mengalami menstruasi yang jarang, tidak teratur atau berkepanjangan. Menstruasi tidak teratur ini disebabkan oleh kurangnya ovulasi sehingga mencegah lapisan rahim dari menstruasi setiap bulan.

2. Pendarahan hebat
Saat menstruasi umumnya perempuan dengan PCOS mengalami pendarahan hebat. Ini terjadi karena lapisan rahim yang menumpuk untuk periode waktu yang lama sehingga saat menstruasi akan menjadi lebih berat.

3. Pertumbuhan Rambut
Lebih dari 70 persen perempuan dengan gangguan PCOS memiliki kondisi rambut yang tumbuh di wajah termasuk di bagian punggung, perut , dan dada.

4. Obesitas 
Dikutip dari situs kesehatan Web MD, sekitar setengah dari perempuan dengan PCOS mengalami obesitas berupa masalah kenaikan berat badan dan sulit menurunkan berat badan.

5. Jerawat
Perubahan hormon pada PCOS membuat perempuan lebih mungkin memiliki kulit berminyak dan sehingga memicu pertumbuhan jerawat yang berlebih.


6. Sulit tidur
Perempuan dengan PCOS juga kerap sulit tidur, selalu merasa lelah, dan kurang beristirahat. Perubahan hormon juga dapat menimbulkan sakit kepala.

Gejala PCOS ini dapat dikurangi dengan memulai perubahan gaya hidup sehat seperti penurunan berat badan, olahraga, dan pola makan. Beberapa obat-obatan juga dapat  mengobati gejala PCOS. (ptj/chs)