5 SMPN Terfavorit Berdasarkan Rerata Nilai UN Tertinggi

tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 16:54 WIB
5 SMPN Terfavorit Berdasarkan Rerata Nilai UN Tertinggi ilustrasi SMP (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap kali tahun ajaran baru tiba, orang tua mulai dan anak-anak mulai berburu masuk ke sekolah favorit mereka.

Pemeringkatan sekolah favorit ini dilakukan lewat berbagai standar.

Pemeringkatan sekolah favorit bukan cuma berguna untuk membuat sekolah ini jadi incaran calon murid baru, namun ini juga dinilai mampu membuat sekolah berlomba untuk menjadi yang terbaik.


Mereka akan secara otomatis memperbaiki sumber daya tenaga pengajarnya, menyediakan fasilitas yang lengkap, serta meninjau ulang sistem pengajaran yang sudah berlaku sebelumnya. 


Di Jakarta sendiri, ada banyak Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang jadi favorit. Dikutip dari Kemdikbud, ada lima SMP negeri di Jakarta yang jadi favorit orang tua karena memiliki nilai rerata Ujian Nasional yang tinggi.

1. SMPN 115 Jakarta 

SMP di kawasan Tebet, Jakarta Selatan ini sudah jadi SMPN favorit. SMA yang punya nama keren SMABEL ini memiliki berbagai fasilitas yang menunjang pendidikan siswanya. 

Tak tanggung-tanggung, SMP 115 Jakarta menjadi yang terbaik dengan rata-rata nilai ujian nasional 93,78. Tak heran jika banyak orang tua yang punya keinginan anak-anaknya bisa sekolah di sana.

2. SMPN 255 Jakarta

SMP 255 Jakarta terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur.

SMP yang berpredikat RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) ini memiliki siswa yang bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik. Berdasar rerata nilai ujian nasional SMPN 255 Jakarta mencapai 92,06.

3.  SMPN 49 Jakarta 

Terletak di Kramat Jati, Jakarta Timur, sekolah yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya ini menjadi salah satu sekolah menengah pertama favorit warga Jakarta. 

Pasalnya, dari hasil ujian nasional 2019, SMPN 49 Jakarta berhasil meraih peringkat ketiga di Jakarta dengan rerata nilai 90,57. 


4. SMPN 41 Jakarta 

Menjadi sekolah urutan keempat dalam pencapaian nilai ujian nasional membuat SMPN 41 Jakarta layak dijadikan salah satu SMP terbaik dan favorit yang ada di Jakarta.  Sekolah yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memiliki nilai rerata UN 90,39.

Disamping meningkatkan akademik siswanya, sekolah ini juga mengembangkan culture habit yang percaya akan berpengaruh dengan karakter siswa tersebut di masa depan. 

5. SMPN 9 Jakarta 

Meraih nilai ujian nasional dengan rata-rata tinggi di Kota Jakarta Timur tentu menjadi kebanggan SMPN 9 Jakarta. Nilai rerata ujian nasional siswa SMPN 5 Jakarta adalah 89,61. 

Prestasinya yang berada diurutan 5 teratas di Jakarta ini menarik banyak peminat dengan nilai-nilai tinggi yang dimiliki. Tak heran jika SMPN 9 Jakarta memasang standar tinggi untuk calon siswanya. (nad/chs)