Menakar Biaya Masuk SD Swasta di Jakarta

tim, CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 13:51 WIB
Menakar Biaya Masuk SD Swasta di Jakarta ilustrasi anak sekolah (Pixabay/stokpic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika bicara soal sekolah, pembicaraan terkait berapa biaya yang harus dipersiapkan untuk menyekolahkan anak.

Tak dimungkiri, kalau pilihan untuk menyekolahkan anak di sekolah dasar swasta pasti butuh biaya yang cukup mahal. Namun berapa sih biaya yang harus dipersiapkan?

Dari berbagai macam sekolah swasta di Jakarta, berikut adalah 5 biaya pendidikan SD Swasta yang berada di Jakarta.


Berdasarkan informasi yang diterima CNNIndonesia.com dari sekolah masing-masing, berikut beberapa biaya yang harus dipersiapkan?


1. Al Azhar 1 Islamic Elementary School

Menjadi salah satu sekolah swasta berbasis Islam, SD Al-Azhar memiliki fasilitas penunjang yang lengkap.

Sekolah ini menetapkan biaya pendidikan pada tahun ajaran baru 2019 dengan uang pangkal sebesar Rp 44,3 juta, iuran SPP Rp 2,2 juta per bulan, serta biaya kegiatan sebesar Rp 300 ribu per tahun. 

2. SD Global Islamic School

Sekolah islam lainnya di Jakarta yang tak kalah dari SD Al-Azhar adalah SD Global Islamic School.

Biaya yang harus dikeluarkan adalah uang pangkal Rp 27,5 juta, uang kegiatan Rp 2,6 juta, biaya perlengkapan Rp 3,9 juta, iuran SPP Rp 1,7 juta per bulan serta uang komite Rp 210 ribu di tahun ajaran 2019 ini.

3. Primary Years Program Cikal Cilandak

SD dengan kurikulum internasional ini membuat siswanya datang untuk bermain dan belajar di sekolah yang dekat dengan alam. Ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Cikal tak memberikan kisaran biaya masuk sekolah di tahun 2019.

Namun di tahun 2018, biaya yang harus dikeluarkan orang tua untuk tahun, tahun 2018 sekolah ini mematok uang pangkal Rp 99,3 juta, biaya tahun pertama hingga kelima sebesar Rp 313,5 jt, sedangkan di tahun keenam Rp 68,2 juta.


4. ACG School Jakarta 

Sekolah internasional ACG School Jakarta memiliki standar biayanya sendiri.

Dilansir dari situs resmi mereka, di tahun ajaran 2017/2018 lalu, biaya pendidikan di tahun pertama sampai kedua sebesar Rp 206,6 juta yang dapat dicicil, sedangkan di tahun ketiga sampai tahun keenam sebesar Rp 259,1 juta. 

5. High Scope Indonesia - TB. Simatupang

Sekolah Perjanjian Kerjasama yang menerapkan kurikulum internasional dan konten nasional ini juga menyediakan fasilitas lengkap seperti sekolah internasional lainnya.

Biaya pendidikan yang ditetapkan oleh Sekolah High Scope Indonesia - TB. Simatupang untuk tahun ajaran 2018/2019 berdasarkan situs resminya, tahun pertama hingga keenak sebesar Rp 70 juta serta iuran SPP Rp 6 juta per bulan. (nad/chs)