Kisah Pebisnis Asinan Dongkrak Omzet Berkat GrabExpress

CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 15:22 WIB
Kisah Pebisnis Asinan Dongkrak Omzet Berkat GrabExpress Ilustrasi asinan. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- FangsKitchen merupakan industri rumahan (home industry) yang didirikan oleh pasangan suami istri Yusuf dan Fangfang. Fangfang menyebut omzet bisnis makanannya melesat setelah memilih hengkang dari perusahaan swasta untuk fokus membesar bisnis.

"Pada awalnya, saya mengelola bisnis ini seorang diri karena tadinya suami masih bekerja di perusahaan swasta. Sekarang kami bagi tugas, saya mengurus produksi makanan dan suami bertugas untuk pemasaran," jelas pemilik FangsKitchen, Fangfang dalam keterangan resmi.

Untuk membedakan asinannya dengan yang sudah ada, Fangfang memilih menggunanakan buah premium dengan jenis yang beragam, mulai dari mangga, jambu kristal, nanas, rambutan, stroberi, kiwi, dan plum.


Namun diakuinya tantangan bisnis makanan tak berhenti sampai di situ. Fangfang juga mengaku harus berpacu dengan waktu demi memastikan pesanan tiba di tangan pelanggan dengan cepat dan dalam kondisi tetap baik.

Untuk menjawab kegamangannya itu, Fangfang mengaku menjatuhkan pilihan pengiriman pesanan asinannya pada GrabExpress.

"Sejak awal, saya telah memanfaatkan jasa pengiriman GrabExpress untuk mengantar setiap pesanan kepada pelanggan di Jabodetabek. Saya dan pelanggan merasa puas karena waktu pengambilan dan pengantaran yang cepat sehingga bisa tiba di tangan pelanggan dengan keadaan segar," akunya.

Fitur favorit Fangfang di GrabExpress adalah GrabExpress Same Day yang memungkinkan pelanggan diungtungkan dengan biaya pengantaran lebih hemat dan pengemudi lebih fleksibel mengatur pengiriman.

Selain itu, layanan GrabExpress Car juga sangat membantu jika ada pesanan dengan porsi besar. Pengantaran dengan mobil lebih menjamin kualitas produk dan memudahkan pengiriman. 

Fangfang yang dibantu 2 karyawan untuk memproduksi dan memproses pengantaran pesanan setiap harinya juga terbantu dengan fitur Multi Stop, karena bisa memesan layanan GrabExpress hanya satu kali untuk 5 tujuan yang berbeda. 

"Sejak memanfaatkan fitur-fitur tersebut, bisnis FangsKitchen telah bertumbuh sebesar 80%, dan dia bisa mengantarkan lebih banyak pesanan setiap harinya," tambah Fangfang.

GrabExpress juga telah memperkenalkan fitur 'Langganan Paket Hemat' (Subscription) bagi pelanggan. Dengan fitur tersebut, pelanggan bisa membeli paket langganan GrabExpress dan menghemat hingga 90% untuk biaya pengantaran menggunakan GrabExpress.

Rencananya, dalam beberapa tahun kedepan, Fangfang ingin membuka gerai untuk lebih mengembangkan bisnisnya dan bisa menawarkan lebih banyak ragam makanan. Namun, bisnis online yang telah ia miliki tidak akan ditinggalkan dan akan terus dikembangkan. (bil/evn)