Trik Kemas Stroller Demi Penerbangan Bebas Stres

CNN Indonesia | Kamis, 13/06/2019 13:54 WIB
Trik Kemas Stroller Demi Penerbangan Bebas Stres Ilustrasi. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semakin banyak orangtua yang mengajak buah hatinya berwisata. Kereta bayi atau stroller tentu saja menjadi senjata ampuh agar kegiatan melancong bersama si kecil tak membuat badan terlalu pegal.

Perlu diketahui kalau berat stroller akan digabung berat barang bawaan yang ditaruh di bagasi pesawat atau bagasi kabin.

Jadi jika mendapat fasilitas bagasi kabin 30 kilogram per penumpang, sebaiknya tidak membawa stroller yang beratnya melebihi jumlah tersebut.



Namun berat bagasi sebenarnya bisa digabung jika penumpang pergi dalam rombongan. Hal ini bisa ditanyakan lebih lanjut sebelum penumpang melakukan pemesanan tiket, karena ketentuan antar maskapai berbeda.

Agar penerbangan lebih nyaman saat membawa stroller, berikut ini hal yang bisa dilakukan seperti yang dikutip dari Tripsavvy dan berbagai sumber lainnya:

Ringan dan mudah dilipat

Bawalah stroller yang ringan dan mudah dilipat, sehingga kemungkinan bisa ditaruh di bagasi kabin lebih besar.

Hubungi maskapai mengenai dimensi stroller yang boleh dibawa dan tanyakan ke mereka apakah ada layanan penumpang dengan anak di bandara.


Datang awal

Korbankan sedikit waktu untuk datang lebih awal ke bandara agar stroller juga bisa masuk lebih awal ke bagasi pesawat bersama barang bawaan lainnya.

Sebenarnya ada maskapai yang membolehkan penumpang membawa stroller hingga gerbang keberangkatan. Jika datang lebih awal, mungkin hal ini bisa ditanyakan lebih lanjut ke mereka.

Periksa keamanan

Sama seperti barang bawaan, seluruh jenis stroller wajib melewati gerbang pemeriksaan keamanan dan sinar x-ray.

Sebelum berada dalam antrean pemeriksaan keamanan, sebaiknya segera gendong anak dan lipat stroller yang digunakan, sehingga tak pemeriksaan keamanan tak berlangsung lama.

Siap repot

Sedekat apapun jarak penerbangan yang ditempuh, membawa stroller sudah pasti menjadi tugas yang merepotkan bagi orangtua. Jadi jangan menggerutu jika Anda berurusan lebih lama dengan petugas maskapai dan bandara karena urusan stroller.

Saat memutuskan membawa stroller di bagasi kabin dalam penerbangan transit, siap-siap repot juga karena stroller harus diberi label ulang sebagai barang bawaan dalam kabin lainnya.

(ard/ard)