Tas Birkin Hermes Laku Dilelang Rp2,9 Miliar

CNN Indonesia | Kamis, 13/06/2019 18:45 WIB
Tas Birkin Hermes Laku Dilelang Rp2,9 Miliar Tas Hermes tipe Sac Birkin 30 Crocodile Niloticus Himalayan (Dok. 1stdibs)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tas Birkin Hermes menjadi salah satu yang termahal di dunia setelah laku dijual senilai Rp2,9 miliar pada rumah lelang Christie hari Selasa lalu.

Tas jenis Birkin Himalaya niloticus crocodile 35 yang diproduksi pada 2015 lalu itu melebih perkiraan harga jualnya yang hanya Rp1 - 1,4 miliar.

Penjualan ini menjadi yang kedua termahal setelah pada 2018 lalu, Hermes tipe Matte Himalaya niloticus crocodile 35 dengan 18 karat emas putih dan berlian ini laku seharga Rp 4,2 miliar. 


Acara lelang tersebut, dihadiri oleh penawar dari 41 negara di 6 benua di dunia. Penjualan total pada lelang ini sejumlah Rp54 miliar rupiah.


Selain Hermes Birkin tersebut, ada dua tas Chanel yaitu Chanel black lucite crystal rocket ship yang terjual Rp384,6 juta.

Sedangkan tas amethyst alligator juga terjual dalam kisaran harga yang sama.

Kepala bagian tas dan aksesori Christie di London, Rachel Koffsky menuturkan bahwa pihaknya sangat senang atas hasil lelang hari itu.

"Kami sangat sedang dengan hasil lelang tas tangan dan aksesori, hal ini menggambarkan bahwa pasar tas di seluruh dunia memiliki prospek yang tinggi," katanya dikutip dari Telegraph.

"Dengan penuhnya ruang lelang, akun bank yang penuh, dan penawar dari seluruh dunia, lelang ini menggambarkan permintaan internasional untuk tas langka dan barang-barang koleksi."


Birkin sendiri diambil dari nama seorang penyanyi dan aktris terkenal Jane Birkin. Siapa sangka jika tas Birkin ini menjadi salah satu aksesoris fesyen yang sangat populer dikalangan selebritis dan kolektor tas. 

Akibat kepopulerannya tersebut, isteri dari pesepak bola legendaris, Victoria Beckham, mengoleksi lebih dari 100 tipe tas Birkin yang ditaksir mencapai Rp 240 miliar.

(nad/chs)