Survei: Pria Indonesia Menyukai Risiko dan Taat Beragama

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 19:23 WIB
Survei: Pria Indonesia Menyukai Risiko dan Taat Beragama Ilustrasi pria (Picjumbo/Viktor Hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penelitian internasional menunjukkan, pria yang suka mengambil risiko tidak taat beragama. Namun, tampaknya hal ini tak berlaku bagi pria di Indonesia.

Survei terbaru dari OkCupid menunjukkan, meski suka mengambil risiko, pria Indonesia masih cenderung ingat terhadap kewajiban agama. Ini terlihat dari hasil survei situs kencan daring tersebut yang dilakukan selama bulan Ramadan lalu.

Hasilnya, 60 persen pria mengklaim berpuasa selama bulan Ramadan.

Selain itu, survei juga melihat apakah apakah puasa merupakan kriteria dalam mencari pasangan.

"Ramadan merupakan bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh sebagian besar orang Indonesia. Kami melakukan survei ini karena penasaran apakah puasa dianggap sebagai kriteria bagi orang yang mencari pasangan kencan," kata CMO OkCupid Melissa Hobley, berdasarkan keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (13/6).

Hasilnya, bagi wanita Indonesia, pria yang taat beragama merupakan salah satu kriteria yang sangat dipertimbangkan. Kriteria taat beragama dianggap lebih penting ketimbang kriteria lain seperti pria yang lebih tua, lebih dewasa, mapan, cerdas, dan tampilan fisik.

Kalangan wanita Muslim cenderung mencari pasangan yang mampu menjadi imam dalam keluarga.

"Hal ini mungkin tidak berlaku bagi setiap orang. Namun secara umum, pria yang religius diharapkan lebih mampu membantu pasangannya untuk menjadi pribadi yang lebih baik," kata Melissa.

Hasil ini sejalan dengan banyak penelitian yang menyatakan wanita akan mencari sosok pria yang dewasa, dapat dipercaya, dan bijaksana. Umumnya, sifat-sifat ini dapat ditemukan pada pria yang religius.

Banyak wanita menganggap pria yang religius bukan hanya sosok yang alim, tetapi juga lebih berkomitmen, dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan cerdas secara emosional. Pria yang melaksanakan kewajiban agama juga dinilai memiliki kemampuan lebih baik dalam memperlakukan pasangannya.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)