9 Destinasi Wisata Favorit Turis di Malaysia

CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 19:02 WIB
9 Destinasi Wisata Favorit Turis di Malaysia Pemandangan Kuala Lumpur di Malaysia. (Istockphoto/bee32)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu negara tetangga Indonesia, Malaysia, juga boleh dilirik sebagai destinasi wisata bagi yang ingin merasakan pengalaman ke luar negeri untuk yang pertama kalinya. Berikut sejumlah destinasi wisata favorit turis mancanegara di Negeri Jiran:

1. Kuala Lumpur

Penerbangan ke Malaysia biasanya mendarat di Kuala Lumpur. Sama dengan Jakarta, ibukota negara ini memiliki kebudayaan yang beragam. Di sini, kebudayaan melayu, China, dan Inda, bercampur dengan apik.


Untuk keliling Kuala Lumpur, turis bisa menumpang RapidKL LRT, KTM Komuter, atau KL Monorail. Untuk mencapai bandara, turis bisa menumpang KLIA Ekspres. Bacalah peta dengan teliti sehingga tak salah naik kereta.

Objek wisata yang wajib didatangi di sini mulai dari Menara Petronas, Taman Danau Perdana, san Menara KL Tower.


9 Destinasi Wisata Favorit Turis di MalaysiaPenang. (Istockphoto/laughingmango)

2. Penang

Kota kolonial dan pelabuhan Georgetown di Penang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Wisata sejarah sangat cocok dilakukan di sini.

Selain mengunjungi museum dan area bersejarah lainnya, ada banyak seni jalanan yang bisa dinikmati bagi turis penggemar foto.

Jangan lupa juga untuk berwisata kuliner jajanan kaki lima di Gurney Drive usai lelah berkeliling.

9 Destinasi Wisata Favorit Turis di MalaysiaPulau Perhentian. (Istockphoto/Xavier Lorenzo)

3. Pulau Perhentian

Bertetangga dengan Indonesia membuat Malaysia masih kebagian destinasi wisata bahari yang ciamik. Di Pulau Perhentian, terutama di Perhentian Kecil dan Perhentian Besar, turis bisa melakukan kegiatan menyelam.

Di malam hari ada banyak bar kecil yang menggelar pesta.

Musim turis di sini berlangsung pada Juli. Akan banyak backpackers yang dilihat karena pulau ini menyediakan akomodasi yang terjangkau.


9 Destinasi Wisata Favorit Turis di MalaysiaMalaysia Borneo. (Istockphoto/JordiRamisa)

4. Malaysia Borneo dan Taman Negara

Selain perairan, Malaysia juga berbagi hutan dengan Indonesia. Bagi yang ingin mengamati kehidupan alam liar lebih dekat bisa mendatangi Sarawak atau Sabah.

Menawarkan pemandangan yang tak jauh berbeda, Taman Negara merupakan taman nasional yang bisa dikunjungi saat berada di Malaysia.

Pendakian menembus hutan sampai air terjun menjadi kegiatan wisata paling favorit di sini.

9 Destinasi Wisata Favorit Turis di MalaysiaMalaka. (Istockphoto/Tarzan9280)

5. Malaka

Malaka yang menjadi Kota Peranakan juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, tepatnya pada 2008.

Bagi yang ingin berkunjung ke Malaka bisa mendatanginya dengan bus dari Kuala Lumpur. Perlu diingat kalau banyak museum dan toko yang tutup pada Selasa di sini.

6. Dataran Tinggi Cameron

Dikutip dari Trip Savvy, Dataran Tinggi Cameron merupakan salah satu kawasan di Asia Tenggara yang perlu dikunjungi sambil mengenakan jaket, karena dinginnya udara di sana.

Persawahan di perbukitan menjadi panorama utama di sini. Penggemar teh bisa menyicipi beragam hasil ladang dengan rasa yang menarik.


9 Destinasi Wisata Favorit Turis di MalaysiaPulau Tioman. (Istockphoto/AlexanderXXI)

7. Pulau Tioman

Hampir sama dengan Pulau Perhentian, Pulau Tioman juga menawarkan wisata bahari dengan harga terjangkau.

Namun pulau yanng berada dekat dengan Singapura ini bisa dibilang perawan karena sejumlah area pantainya yang dikelilingi hutan belum ramai oleh turis.

9 Destinasi Wisata Favorit Turis di MalaysiaPulau Langkawi. (Istockphoto/35007)

8. Langkawi

Langkawi disebut sebagai Phuket versi Malaysia. Ada pesawat dan kapal feri yang bisa mengantar turis ke sini.

Sesampainya di Langkawi, turis bisa mendatangi akuarium besar, menumpang kereta gantung, atau menapaki jembatan gantung untuk menikmati pemandangan hijaunya dari ketinggian.



9. Selangor

Kemegahan Batu Caves membuat Selangor dilirik banyak turis mancanegara. Selain wisata alam dan sejarah, Selangor juga menawarkan wisata belanja dan kongko mirip Kuala Lumpur.

Genting Highlands disebut sebagai Vegas versi Malaysia. Ada banyak hotel dan restoran yang bisa didatangi di sini, mulai dari yang murah sampai mewah.

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)