Mengenal Glioblastoma, Kanker Otak yang Diidap Agung Hercules

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 15:53 WIB
Mengenal Glioblastoma, Kanker Otak yang Diidap Agung Hercules Ilustrasi (REUTERS/Neil Hall)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selebriti berotot kekar, Agung Hercules, kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita kanker otak. Seperti diberitakan sejumlah media massa, Agung mengidap penyakit kanker di otak kiri, jenis glioblastoma stadium IV.

Kanker otak merupakan jenis tumor yang menyerang otak. Tak seperti kanker pada lainnya misal paru-paru dan payudara, kanker otak jarang menyebar ke organ lain.

Kanker otak terdiri dari sejumlah jenis seperti glioma, meningioma, medulloblastoma, ganglioglioma, neurilemmoma, dan Craniopharyngiomas.


Dalam ketentuan medis, glioblastoma seperti yang diderita Agung Hercules merupakan jenis kanker otak yang termasuk dalam astrositoma yang merupakan bagian dari glioma. Glioma merupakan istilah umum untuk tumor yang dimulai dalam sel glial. Tumor ini tumbuh dengan cepat. Data American Cancer Society menyebut, 3 dari 10 tumor otak adalah glioma.

Sementara astrositoma merupakan tumor yang dimulai pada astrosit di sel glial. Sebanyak dua dari 10 kanker otak adalah astrositoma.

Astrositoma terdiri dari empat stadium. Glioblastoma merupakan tingkatan paling tinggi atau ke-IV. Jenis ini adalah yang paling cepat berkembang. Kanker ini mendominasi lebih dari setengah glioma dan merupakan tumor ganas yang paling umum pada orang dewasa.

Jenis glioblastoma ini memiliki tingkat kelangsungan hidup lima tahun hanya empat persen untuk orang dewasa usia 55-64 tahun.

Hingga saat ini, penyebab sebagian besar tumor otak masih belum diketahui. Namun, beberapa faktor risiko disebut dapat memicu kanker di otak. Faktor risiko itu meliputi gen atau keturunan, paparan radiasi, sistem imun rendah, dan gaya hidup tidak sehat.

Meski memiliki tingkat kelangsungan hidup yang rendah, para ahli terus berusaha untuk menemukan berbagai jenis pengobatan dan perawatan untuk kanker otak.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)