Asal-usul Perayaan Hari Ayah Internasional

CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 18:44 WIB
Asal-usul Perayaan Hari Ayah Internasional Ilustrasi (PublicDomainPictures/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia memperingati Hari Ayah Internasional yang jatuh pada hari Minggu ketiga di bulan Juni. Momen itu dirayakan untuk mengingat kembali perjuangan seorang ayah dalam membesarkan anak.

Hari Ayah Internasional tahun ini jatuh pada 16 Juni 2019. Penetapan ini berdasarkan perhitungan tanggal Amerika Serikat.

Hari Ayah Internasional mulai diperingati sejak 1910 silam. Mengutip Indian Express, Hari Ayah bermula dari seorang wanita Amerika Serikat yang dibesarkan oleh sang ayah seorang diri.


Sonora Smart Dodd lahir di Kota Sebastian, Arkansas, AS pada 1882. Ibunya meninggal saat ia berusia 16 tahun. Sang ayah, William Smart, harus membesarkan Sonora dan lima saudara laki-lakinya seorang diri pasca-kepergian sang ibu.

Beranjak dewasa, Sonora khawatir tak ada hari untuk menghormati ayahnya yang membesarkan anak-anaknya sendirian. Awalnya, Sonora ingin perayaan digelar pada 5 Juni, bertepatan dengan hari ulang tahun sang ayah. Namun kemudian, perayaan didorong ke hari Minggu, 19 Juni 1910 atau Minggu ketiga di bulan Juni.

Meski diperingati pada hari Minggu ketiga di bulan Juni, Hari Ayah dirayakan secara berbeda di beberapa negara. Beberapa negara memiliki waktu sendiri untuk mengapresiasi peran seorang ayah.

Menyitat laman Time and Date, AS, Britania Raya, dan Kanada sepakat merayakan Hari Ayah pada hari Minggu ketiga di bulan Juni. Selain itu, ada pula Argentina, Prancis, Yunani, India, Irlandia, Mexico, Pakistan, Singapura, Afrika Selatan, dan Venezuela yang merayakannya pada hari yang sama.


Namun, beberapa negara menetapkan waktu lain. Tengok saja Australia dan Selandia Baru yang menetapkan peringatan Hari Ayah pada hari Minggu pertama bulan September. Thailand pada 5 Desember, Brazil pada hari Minggu kedua di bulan Agustus, dan Indonesia pada 12 November.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Ayah. Beberapa mengunjungi ayah masing-masing, memberi kartu ucapan, bunga, dan hadiah lainnya.

Sementara di Meksiko, Hari Ayah disebut pula sebagai "Dia del Padre". Momen ini dijadikan sebagai waktu keluarga berkumpul, menyiapkan makanan, dan membagikan hadiah pada para ayah.

Sedangkan di Afrika Selatan, perayaan Hari Ayah diperingati untuk menekankan peran penting para ayah dalam mengasuh anak-anak dan membangun masyarakat yang lebih kuat.

[Gambas:Video CNN] (nad/asr)


ARTIKEL TERKAIT