Mengambil Manfaat Tersembunyi Biji Anggur

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 22:04 WIB
Mengambil Manfaat Tersembunyi Biji Anggur Ilustrasi anggur (STR /JIJI PRESS /AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Biji anggur sering kali dibuang saat menikmati buahnya. Tapi mulai sekarang, jangan buang biji anggur. Biji itu mengandung banyak manfaat yang baik bagi tubuh dan kesehatan.

Ekstrak biji anggur bahkan sudah digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit. Ekstrak biji anggur merupakan sejenis suplemen makanan yang dibuat dengan membuang, mengeringkan, dan melumat biji anggur yang rasanya pahit.

Penelitian menunjukkan, biji anggur bermanfaat untuk sejumlah kondisi kardiovaskular. Biji anggur juga dapat memperbaiki kolesterol tinggi dan yang berhubungan dengan diabetes.


Dikutip dari situs kesehatan Web MD, biji anggur juga mengandung antioksidan yang tinggi. Zat ini berfungsi untuk melindungi sel di dalam tubuh dari kerusakan dan mencegah berbagai penyakit.

Berikut manfaat biji anggur bagi tubuh dan kesehatan

1. Mengurangi tekanan darah
Sejumlah studi menunjukkan, ekstrak biji anggur dapat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi, khususnya pada orang dewasa di bawah 50 tahun dan kelebihan berat badan.

Sebuah studi meta-analisis pada 810 orang menunjukkan, konsumsi rutin ekstrak biji anggur dapat mengurangi tekanan darah sistolik 6,08 mmHg dan tekanan darah diastolik 2,8 mmHg.

2. Meningkatkan aliran darah
Biji anggur juga terbukti meningkatkan aliran darah dan mengurangi risiko pembekuan darah. Dalam studi pada perempuan pascamenopause, asupan biji anggur memiliki efek pengencer darah.

Biji anggur juga menunjukkan dapat mengurangi pembengkakan kaki dan edema hingga 70 persen.

3. Mengurangi kerusakan oksidatif
Dikutip dari Healthline, ekstrak biji anggur membantu menghambat oksidasi kolesterol buruk ke jaringan jantung. Kolesterol buruk yang tak ditangani merupakan awal mula dari penyakit jantung.

Ekstrak biji anggur dapat mengurangi oksidasi kolesterol jahat yang biasanya dipicu oleh pola makan tinggi lemak.

4. Kesehatan otak
Biji anggur menunjukkan sifat yang dapat menghambat karakteristik degeneratif pada otak dan penurunan kognitif. Biji anggur mengandung flavonoid yang memiliki sifat kombinasi antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Biji anggur juga meningkatkan fungsi otak dan mencegah pikun.

5. Fungsi Ginjal
Ekstrak biji anggur dapat mengurangi kerusakan ginjal. Ia juga meningkatkan fungsi ginjal dengan mengurangi stres oksidatif di ginjal akibat kerusakan inflamasi.

Studi pada pasien gagal ginjal kronis yang diberikan ekstrak biji anggur, menunjukkan perbaikan kondisi dalam menyaring urine.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)