Pulau di Italia Menggratiskan Hotel Jika Hujan Turun

CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 20:12 WIB
Pulau di Italia Menggratiskan Hotel Jika Hujan Turun Ilustrasi. (Unsplash/Riley Briggs)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sama seperti jodoh, tak ada yang bisa menebak dengan pasti kondisi cuaca di tempat wisata. Kadang langit cerah lalu hujan, kadang langit mendung lalu terik.

Cuaca juga mempengaruhi ulasan mengenai akomodasi wisata. Di situs ulasan akomodasi, seperti Yelp atau TripAdvisor, kadang turis menulis ulasan negatif mengenai suatu tempat penginapan karena buruknya kondisi cuaca.

Walau tak ada yang bisa menjamin cuaca bakal selalu cerah, namun badan pariwisata di Pulau Elba, Italia, melakukan terobosan yang cukup mencengangkan dengan kampanye bertajuk "Tanpa Hujan di Elba".



Dalam kampanye tersebut, salah satu programnya ialah mengembalikan menggratiskan biaya penginapan bagi turis yang terguyur hujan selama berada di Pulau Elba sepanjang bulan Mei.

"Turis bisa bermalam gratis selama satu hari jika hujan turun lebih dari dua jam selama pukul 10.00 sampai 20.00," tulis badan pariwisata Pulau Elba seperti yang dilansir dari CNN Travel pada Senin (17/6).

Agar bisa menikmati keuntungan tersebut, turis harus bermalam di penginapan yang tertera dalam daftar rekomendasi badan pariwisata Pulau Elba.

"Agen wisata mengatakan kalau cuaca buruk membuat tingkat pemesanan penginapan turun hingga 20 persen," kata Claudio Della Lucia, salah satu anggota badan pariwisata Pulau Elba.

"Kampanye ini bertujuan meyakinkan turis bahwa mereka masih tetap menikmati Elba walau hujan sedang turun.

"Kampanye tahun ini merupakan yang perdana. Tapi karena banyaknya peminat, mungkin kami akan melakukannya lagi saat musim gugur," lanjutnya.


Bulan Mei memang menjadi bulan tanggung alias shoulder season di Pulau Elba.

Di masa ini, suhu udara terasa sejuk dan turis tak terlalu ramai, berbeda saat musim panas yang berlangsung saat bulan Agustus.

Elba berada dekat perairan Tuscany, salah satu destinasi wisata populer di Italia.

Kebanyakan turis yang datang ke sini menggunakan kapal pesiar atau kapal feri dari kota pelabuhan Piombino.

Namun ada juga bandara kecil di dalam pulau yang sering kedatangan pesawat turis dari Milan, Florence, Pisa, dan kota lain di Italia.

Selain garis pantai yang indah, turis yang datang ke sini juga bisa berwisata sejarah dengan menengok tempat pengasingan Napoleon Bonaparte.


[Gambas:Video CNN]


(ard/ard)