Desainer Jeans Gloria Vanderbilt Meninggal Dunia

tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/06/2019 08:17 WIB
Desainer Jeans Gloria Vanderbilt Meninggal Dunia Gloria Vanderbilt (Robin Marchant/Getty Images for SiriusXM/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris sekaligus perancang busana Gloria Vanderbilt meninggal dunia pada Senin (17/6). Hal ini diungkapkan oleh putranya yang juga jurnalis CNN, Anderson Cooper.

Gloria Vanderbilt yang dikenal sebagai desainer celana jeans ini meninggal dalam usia 95 tahun karena kanker perut.

"Gloria Vanderbilt adalah seorang wanita luar biasa yang mencintai kehidupan dan menjalani hidup dengan caranya sendiri," kata Cooper dalam pernyataannya dikutip dari CNN.


"Dia adalah seorang pelukis, penulis, desainer, tapi juga seorang ibu, istri, dan teman yang luar biasa."


"Dia sudah berusia 95 tahun tapi tanyakan pada semua orang yang dekat dengannya, dan mereka akan mengatakan bahwa dia adalah orang termuda yang mereka kenal, paling keren dan paling modern."

Cooper mengungkapkan bahwa ibunya didiagnosis menderita kanker perut stadium lanjut di awal bulan Juni.

Sejak remaja Gloria menekuni dunia modeling. Dia pun menjadi model berbagai majalah fesyen. Dari Harpers Bazaar, Vanity Fair, sampai Vogue.

Namun dia akhirnya menemukan cara lain untuk bisa menyalurkan jiwa seni sekaligus minatnya pada fesyen.

Pada pertengahan tahun 1970, jeans saat itu hanya memiliki potongan untuk pria. Gloria Vanderbilt pun bekerjasama dengan produsen pakaian Mohan Murjani untuk membuat jeans khusus wanita.


Jeans GV ini menjadi bisnis besar yang khas dengan bubuhan tanda tangan Gloria di bagian saku belakangnya. Bahkan ini menjadi tren pemasaran busana pertama dan terbaru yang menggunakan nama orang terkenal di Amerika.

Bisnisnya pun berkembang menjadi bisnis US$100 juta per tahun. Tak cuma jeans, tapi rok, sweater, jaket, linen, dan lini parfum juga dibuatnya.

Hanya saja, mengutip New York Times, ketika persaingan dari label desainer lainnya terus meningkat pada akhir 80-an, penjualannya menurun drastis. Dia pun dikabarkan berada dalam masa-masa sulit.

Sebagai anak, Anderson Cooper menganggap bahwa hidup ibunya sangatlah luar biasa.

"Saya selalu menganggapnya sebagai seorang petualang dari dunia lain. Seorang musafir yang terdampar di masa ini dan datang dari bintang yang jauh dan sudah terbakar sejak lama. Saya selalu merasa itu adalah tugas saya untuk melindunginya."

Gloria Vanderbilt meninggal dunia di rumahnya di Manhattan dan didampingi oleh teman-teman dekat dan keluarga di sisinya.

[Gambas:Instagram] (chs)