Wanita Italia Tertua di Eropa Meninggal Dunia

tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 16:25 WIB
Wanita Italia Tertua di Eropa Meninggal Dunia Giuseppina Robucci (Franco Cautillo/ANSA via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang perempuan Italia yang diklaim sebagai orang tertua di Eropa dan tertua kedua di dunia meninggal dunia.

Perempuan bernama Giuseppina Robucci meninggal dalam usia 116 tahun dan 90 hari.

Kantor berita Italia ANSA dikutip dari AP mengatakan bahwa Robucci meninggal dunia pada Selasa (18/6) di kota Poggio Imperiale, Italia Selatan. Kota ini adalah kota tempatnya dilahirkan pada 20 maret 1903.


Robert Young dari Gerontology Research Group yang berbasis di AS mengatakan bahwa Robucci adalah orang Eropa terakhir yang lahir di tahun 1903. Dia hanya dia bulan lebih muda dari orang tertua yang masih hidup saat ini, Kane Tanaka dari Jepang. Tanaka lahir di Jepang pada 2 Januari 1903.


Robucci berada di urutan ke-17 dalam daftar orang di dunia yang punya usia panjang.

Robucci dikenal dengan nama panggilan Nonna Peppa ini memiliki lima anak, sembilan cucu, dan 16 cicit. Selama hidupnya dia pernah mengelola kedai kopi dengan suaminya selama bertahun-tahun.

"Kami sangat sedih dengan kematiannya, tapi di saat yang sama kami merasa terhormat memilikinya sebagai warga negara," kata Alfonso D'Aloisio, walikota kota tersebut kepada ANSA. (AP/chs)