Keliru 'Bumbu' Susu, Lay's Barbeque Ditarik di Amerika

tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 12:04 WIB
Keliru 'Bumbu' Susu, Lay's Barbeque Ditarik di Amerika ilustrasi keripik kentang ( Istockphoto/FotoSpeedy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika Anda termasuk orang yang alergi dengan produk susu maka bacalah dengan cermat bahan-bahan pembuat makanan favorit Anda.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati karena masih ada bahan penyusun 'rahasia' yang tak diungkapkan oleh produsen.

Hal ini terjadi dalam kasus merek keripik kentang populer Lay's di Amerika.


Frito-Lay menarik produk mereka, Lay's Lightly Salted Barbecue Flavored Potato Chips 7 3/4 oz karena kemungkinan mengandung alergen susu.


Penarikan terjadi karena tak ada informasi yang tertulis dan dicantumkan dalam kemasan bahwa produk tersebut mengandung susu.

Dalam akun twitternya, USFDA mengungkapkan bahwa perusahaan keripik kentang tersebut akan menarik produk ini karena dikhawatirkan akan menyebabkan masalah kesehatan pada orang yang memiliki sensitivitas tinggi pada produk susu.



Mengutip FDA, produk yang ditarik ini berada di area Arkansas, Arizona, California, Colorado, Idaho, Iowa, Kansas, Louisiana, Minnesota, Missouri, Mississippi, Montana, North Dakota, Nebraska, New Mexico, Nevada, Oklahoma, Oregon, South Dakota, Tennessee, Texas, Utah, Washington dan Wyoming.

Hanya saja, tak semua produk keripik kentang rasa ini akan ditarik. Hanya produk yang memiliki tanggal 'guaranteed fresh' 27 Agustus 2019 dan kode manufaktur '29' di posisi dua atau tiga yang akan ditarik dari peredaran.

Namun, pihak perusahaan menegaskan tidak ada produk keripik kentang 'Lay' lainnya yang terpengaruh oleh penarikan itu.


Mengutip CNN, Frito-Lay mengatakan bahwa terjadi kekeliruan saat memasukkan bumbu barbeque asin ini dengan bumbu penyedap keripik lainnya yang mengandung susu.

Penarikan Frito-Lay terakhir terjadi pada 2017 silam. Saat itu, perusahaan menarik dua varian keripik rasa jalapeno yang mungkin telah terkontaminasi oleh bakteri salmonella. (nad/chs)