Cara Minum Teh Hijau demi Tubuh Langsing

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 13:29 WIB
Cara Minum Teh Hijau demi Tubuh Langsing Ilustrasi teh hijau. (Pixabay/Unsplash)
Jakarta, CNN Indonesia -- Teh hijau telah lama digaungkan sebagai minuman yang bisa membantu agar tubuh cepat langsing. Cara minum teh hijau yang tepat membuat proses penurunan berat badan kian lancar.

Sekian banyak studi menunjukkan, kandungan flavonoid dan kafein pada teh hijau bisa meningkatkan metabolisme, oksidasi lemak, serta aktivitas insulin.

Mengutip Healthy Women, sebuah studi menemukan, mereka yang mengonsumsi teh hijau dan kafein kehilangan rata-rata 13 kilogram berat badan selama 12 minggu dibarengi dengan diet harian.


Mengutip berbagai sumber, berikut cara minum teh hijau yang tepat.

1. Pilihan teh
Sebelum bicara soal cara minum, akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan pilihan teh. Ada banyak jenis dan label dengan jualan untuk menurunkan berat badan.

Mengutip Times of India, pilih teh hijau tanpa rasa sebagai pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Proses teh seminimal mungkin untuk menjaga kandungan dan kemurniannya.

The Beauty Gypsy menyarankan untuk menjajal dua jenis, yakni matcha dan hojicha. Matcha merupakan daun teh hijau yang digiling halus menjadi serbuk. Cara minumnya cukup diseduh dengan air panas. Meminum matcha sama dengan mengonsumsi daun teh sehingga kandungan antioksidan tinggi bisa Anda dapatkan.

Sedangkan hojicha dibuat dari daun teh hijau yang dipanggang hingga berwarna cokelat gelap. Kandungan kafein pada hojicha cukup rendah karena daun dipetik pada akhir musim panen dan dipanggang pada suhu jauh lebih tinggi daripada daun teh lain.

2. Cara seduh
Cara minum teh hijau berkaitan erat dengan cara menyeduhnya. Ada sebagian yang sering menyeduh teh hijau dengan air panas mendidih langsung dari panci. Padahal, cara ini kurang tepat. Air panas akan meluruhkan komponen katekin sebagai nutrisi penting pada teh.

Cara yang lebih baik adalah diamkan air yang telah dipanaskan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian tuang ke dalam teko berisi teh dan seduh selama satu menit. Waktu penyeduhan bisa disesuaikan dengan selera. Semakin lama, rasa dan warna teh akan semakin pekat.

3. Berapa cangkir?
Tak ada aturan medis yang mengatur seberapa banyak Anda harus mengonsumsi teh hijau. Hanya saja, untuk memperoleh manfaat maksimal, minum teh sebanyak dua sampai tiga cangkir.

Mengutip Medical News Today, kandungan kafein juga patut dipertimbangkan, terlebih bagi Anda dengan gangguan pada tekanan darah dan jantung.

Selain itu, terlalu banyak teh juga akan membuat Anda sering buang air kecil lantaran sifat diuretik yang dimilikinya.

4. Waktu terbaik minum teh hijau
Minum teh biasanya dilakukan di saat santai sembari menikmati camilan. Namun, bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, cara minum teh hijau terbaik adalah setelah makan.

Cara minum teh hijau dengan mengonsumsinya setelah makan berguna bagi Anda dengan perut sensitif. Pasalnya, teh hijau sering kali bersifat alkali dan merangsang sekresi zat asam lambung lebih banyak.

Para ahli juga menyarankan untuk meminum teh hijau pada pagi dan sore hari. Namun, mereka yang memiliki masalah tidur perlu menghindari meminum teh berdekatan dengan jam tidur.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)