Atraksi Wisata Bangunan Modern di Dubai

agr, CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 20:19 WIB
Atraksi Wisata Bangunan Modern di Dubai Bur Al Arab di Dubai. (Flickr/Joi Ito (CC BY 2.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain memiliki bangunan tua yang kaya sejarah, Dubai juga menyimpan bangunan megah dengan desain modern. Bahkan gedung tertinggi di dunia pun berada di Dubai.

Kota metropolitan di jazirah Arab ini memang sudah seperti kota-kota besar dunia lainnya, namun bukan berarti bangunan modern ini seakan melenyapkan nuansa bangunan khas Dubai.

Dubai terus memadukan warisan budayanya yang kaya ke dalam arsitekturnya saat ini, dengan motif budaya utama yang menonjol di banyak bangunan di sekitar kota.


Berdasarkan rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (20/6), berikut adalah bangunan modern di Dubai yang menarik minat wisatawan dari seluruh dunia.

Burj Al Arab

Jika diterjemahkan secara harfiah, gedung yang memakan waktu pembangunan selama lima tahun dan diresmikan pada tahun 1999 ini, memiliki arti Menara Arab.

Siluet berbentuk layar yang ikonik dari hotel paling mewah di dunia telah menjadikannya ciri khas dari Dubai modern.

Burj Al Arab dibangun di atas pulau buatan manusia berbentuk segitiga yang direklamasi dari laut.

Struktur bangunan ini yang seperti layar menjulang setinggi 321 meter di atas laut, menawarkan pemandangan Teluk Arab yang indah.

Palm Jumeirah
Palm Jumeirah adalah 'rumah' bagi beberapa resor paling mewah di Dubai, seperti Atlantis, The Palm Dubai dan Jumeirah Zabeel Saray.

Pulau buatan manusia yang terlihat seperti pohon palem ini membentang sepanjang lima kilometer persegi, lahan ini secara tidak langsung menambahkan 78 kilometer ke garis pantai Dubai.

Atraksi Wisata Bangunan Modern di DubaiPalm Jumeirah. (Foto: Istockphoto/Delpixart)

Dubai World Trade Center

Gedung pencakar langit pertama Dubai ini, telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan perdagangan internasional untuk Timur Tengah. Peresmian gedung ini dilakukan oleh Ratu Elizabeth pada tahun 1979.

Bangunan berlantai 39 ini mungkin terlihat kerdil hari ini dibandingkan dengan menara lain di Sheikh Zayed Road, tetapi tetap merupakan kompleks terbesar yang dibangun khusus untuk acara dan pameran serta pusat pariwisata bisnis di wilayah tersebut.

Atraksi Wisata Bangunan Modern di DubaiDubai World Trade Center (Foto: Istockphoto/Africanway)


Burj Khalifa

Gedung tertinggi di dunia ini, memiliki tinggi sekitar 828 meter yang terdiri dari 162 lantai. Bangunan ini adalah fitur cakrawala kota yang tidak dapat dilewatkan.

Menara ini dirancang oleh arsitek Amerika Adrian Smith di Skidmore, Owings & Merrill yang menyerupai Hymenocallis atau Spider Lily - bunga gurun regional.

Atraksi Wisata Bangunan Modern di DubaiBurj Khalifa. (REUTERS/Satish Kumar)

Etihad Museum

Museum seluas 2,5 hektare yang terletak di sebelah Union House ini, menceritakan kisah berdirinya Uni Emirat Arab (UEA).

Etihad Museum dirancang oleh arsitek Kanada Moriyama dan Teshima, atap putih melengkung yang unik dari museum ini terinspirasi oleh bentuk konstitusi UEA.

Bangunan ini juga dihiasi dengan tujuh kolom, yang melambangkan pena yang digunakan untuk menandatangani perjanjian.

Atraksi Wisata Bangunan Modern di DubaiEtihad Museum. (Foto: Istockphoto/slava296)


[Gambas:Video CNN]

(agr)