Cara Teranyar Atasi Selulit Tanpa Operasi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 01/08/2019 10:41 WIB
Cara Teranyar Atasi Selulit Tanpa Operasi Penelitian anyar menemukan cara alami untuk menghilangkan selulit tanpa operasi dan penggunaan krim. (iStock/dimid_86)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operasi dan penggunaan krim kerap menjadi pilihan cara menghilangkan selulit pada tubuh. Namun, penelitian anyar menemukan cara lain yang lebih alami.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal medis Cogent Medicine ini secara khusus melihat efek dari pijat fasia pada selulit wanita dewasa. Pijat fasia merupakan jenis pijat manual yang umum digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.

Fasia adalah jaringan ikat berbentuk lembaran yang menyelimuti otot. Ahli bedah plastik, dr Manish Shah mengatakan, fasia membungkus kantong-kantong lemak pada tubuh.


"Saat fasia membentang, selulit akan terlihat bergelombang di permukaan kulit," ujar Shah, mengutip Huffington Post.

Sebanyak 43 wanita dewasa berpartisipasi dalam studi yang berlangsung selama 12 pekan tersebut. Sebanyak 33 dari mereka menggunakan teknik pijat fasia selama lima hari. Sementara 10 lainnya tidak melakukan pijat fasia.

Hasilnya, teknik pijat fasia berhasil mengurangi selulit selama periode 12 pekan.

Diyakini sekitar 80-90 persen wanita memiliki selulit di bagian paha, pantat, dan pinggul. Sementara pada pria, selulit tak jadi hal yang umum lantaran perbedaan jaringan ikat antara kaum adam dan hawa.

"Selulit disebabkan oleh penonjolan kantong-kantong lemak melalui koneksi fasia di bawah kulit," ujar Shah.

Sejumlah faktor hormonal, genetik, dan gaya hidup berkontribusi pada pembentukan selulit. Hormon estrogen yang menurun diyakini menyebabkan penurunan kolagen pada jaringan ikat. Hal yang sama juga akan terjadi saat seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan kaya lemak, karbohidrat, dan garam.

Ahli dermatologi, Rachel Nazarian mengatakan, teknik pijat telah lama digunakan sebagai pengobatan selulit. "Pijat dimaksudkan untuk mengatasi sirkulasi limfatik dan darah," kata dia.

Sistem limfatik juga dianggap memiliki peran dalam pembentukan selulit. Menerapkan tekanan manual pada kulit, lanjut Nazarian, dapat membantu merangsang produksi kolagen.

Kendati demikian, Nazarian ragu akan efektivitas teknik pijat untuk menghilangkan selulit. Menurutnya, saat ini metode operasi dinilai masih menjadi cara yang paling efektif.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)


BACA JUGA