Puteri Indonesia Dukung Sistem Zonasi PPDB

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 15:39 WIB
Puteri Indonesia mendukung peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui sistem zonasi. Ilustrasi sistem zonasi PPDB (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Sleman, CNN Indonesia -- Meski tengah diwarnai polemik, Puteri Indonesia mendukung peraturan baru pemerintah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SD, SMP, SMA/SMK negeri melalui sistem zonasi.

Puteri Indonesia menilai, sistem zonasi dapat membantu meratakan pendidikan di Indonesia yang selama ini timpang di banyak daerah.

"Menurut saya tentang zonasi sekolah yang sedang diterapkan pemerintah saat ini bagus untuk meratakan pendidikan anak-anak di setiap daerahnya," kata Runner-up 2 Puteri Indonesia 2019, Jesica Fitriana Martasari di Sleman City Hall, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (20/6).


Sistem zonasi membuat penerimaan siswa didik baru di setiap jenjang pendidikan harus memilih sekolah yang terdekat dengan domisili. Sistem zonasi bertujuan untuk menghilangkan favoritisme terhadap sejumlah sekolah negeri yang selalu terjadi setiap tahun.

Jesica, yang berstatus sebagai Puteri Indonesia Pariwisata, berharap agar sistem ini benar-benar dapat meratakan kualitas pendidikan di setiap daerah.

"Harapan kami, semoga sistem zonasi dapat meratakan kualitas pendidikan anak Indonesia di setiap daerahnya," ujar Jesica yang merupakan Puteri Indonesia asal Jawa Barat.

Untuk diketahui, saat ini sistem zonasi PPDB menuai persoalan di beberapa daerah seperti Jawa Timur. PPDB di Surabaya dihentikan sementara karena mendapatkan banyak protes dari wali murid yang tak bisa menyekolahkan anak mereka di sekolah tertentu.

Orang tua murid menilai sistem zonasi justru menciptakan pembodohan, bukan pemerataan.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK