5 Spot Foto 'Instagramable' Tersembunyi di Jakarta

CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 14:41 WIB
5 Spot Foto 'Instagramable' Tersembunyi di Jakarta Terowongan Jalan Kendal, Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyambut ulang tahun ibu kota yang ke-492 tahun ini, Pemprov DKI Jakarta akan meresmikan Kali Besar Timur sebagai lokasi wisata foto "Instagramable" bagi turis yang berkunjung ke Taman Fatahillah atau kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, pada Selasa (18/6).

"Ini akan menjadi spot Instagramable, wisatawan bisa duduk-duduk sambil berswafoto (selfie) yang kanan kirinya dikelilingi bangunan tua," kata Kepala UPK Kota Tua Norviadi Setio Husodo, seperti yang dikutip dari Antara.

Karena Kali Besar Timur telah menjadi bagian 'Wajah Baru Jakarta', Pemprov DKI Jakarta berharap wisatawan tidak hanya berkumpul di Taman Fatahillah saat berkunjung di Kota Tua Jakarta, sehingga mengubah pandangan Kota Tua hanyalah kawasan Taman Fatahillah.



Selain kawasan sejarah seperti Kota Tua, Jakarta sebenarnya punya banyak spot foto Instagramable yang belum banyak diketahui orang.

Fotografer CNNIndonesia.com yang juga menggeluti teknik street-photography, Safir Makki, mengatakan kalau wajah Jakarta sebenarnya selalu berubah setiap harinya, sehingga kota ini memberi banyak peluang untuk diabadikan, terutama oleh sesama penggiat street-photography.

Dijelaskannya, kota yang dihuni oleh 9,6 juta jiwa ini menampakkan aura yang berbeda tergantung cara seseorang memandangnya, misalnya dari dalam bus, saat berjalan kaki di trotoar, atau di tengah pasar tradisional.

"Jakarta punya banyak pemandangan untuk diabadikan, bukan cuma untuk latar belakang selfie ya, tapi momen orang-orang yang beraktivitas di dalamnya juga menarik untuk dipotret," kata Safir saat diwawancarai pada Jumat (21/6).

"Ditambah lagi motret di Jakarta itu enak, berbeda dengan kota-kota di luar negeri lain, karena di sini banyak tempat yang bebas untuk difoto," lanjutnya tersenyum mengingat pengalamannya ditegur pihak keamanan stasiun saat sedang memotret di Uzbekistan beberapa bulan yang lalu.

Safir mengatakan kalau foto yang bisa menunjukkan karakter Jakarta bukan cuma terbatas pemandangan Kota Tua, Monumen Nasional (Monas), atau Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Kalau ingin menunjukkan foto kita "Jakarta banget" sebenarnya bisa juga memotret keruwetan lalulintasnya serta gelombang orang-orang yang sedang antre atau berebutan naik KRL. Selain Pohon Pisang atau jemuran baju, menurut saya pemandangan itu Jakarta banget!" ujarnya.

Berikut ini spot foto Instagramable di Jakarta yang belum banyak diketahui oleh banyak orang menurut Safir Makki:


1. Lapangan Banteng

Monumen Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Meski baru satu tahun memiliki wajah baru, Taman Lapangan Banteng tidak membosankan dijadikan sebagai spot pemotretan yang Instagramble.

"Di sini air mancur menari, tangga dan tempat duduk yang membentuk garis-garis, hingga tata cahaya yang cukup memukau," kata Safir.

"Sore hari dan menjelang malam adalah waktu yang pas untuk berfoto di sini, siapkan tripod jika ingin memotret dengan hasil yang pas tanpa blur," lanjutnya.

2. Terowongan Jalan Kendal

Terowongan Jalan Kendal. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Terowongan yang tadinya digunakan untuk kendaraan sekarang diubah hanya untuk pejalan kaki yang melintas dari Stasiun Sudirman menuju Stasiun BNI City dan Stasiun MRT Dukuh Atas.

Setelah didandani, setiap detik warna lampu penerangan di terowongan ini berubah.

Selain memanjakan pejalan kaki, tempat ini menjadi spot baru bagi jamaah Instagram.

"Menjelang senja menjadi momen yang paling pas untuk berfoto di sini. Saat hari kerja lalu lalang pekerja yang kembali usai bekerja cukup ramai, namun jika ingin mendapatkan suasana sepi akhir pekan pilihan yang pas," katanya.

Safir menambahkan kalau spot budaya Dukuh Atas yang sedang dibangun juga berpotensi menjadi lokasi foto nan Instagramable di Jakarta.

3. JPO Gelora Bung Karno

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

Jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berada di Gelora Bung Karno, Senayan, direnovasi dengan konsep baru. Selain lebih aman dan nyaman, para penyeberang jalan bisa berfoto selagi melintas.

"Malam hari waktu yang pas untuk berfoto di sini, pencahayaan dari seluruh ruas jembatan silih berganti berubah warna," ujar Safir.

"Menggunakan lensa sudut lebar pada kamera atau ponsel yang memiliki lensa kamera lebar memberikan efek JPO ini terlihat megah," lanjutnya.

4. Hutan Kota Gelora Bung Karno

Hutan Kota Gelora Bung Karno. (CNNIndonesia/Hesti Rika)

Hutan Kota Gelora Bung Karno yang berada di dalam komplek Gelora Bung Karno belum genap setahun dibuka.

Taman ini menghadirkan suasana hijau dengan latar belakang gedung tinggi perkantoran kawasan Sudirman, kolam yang berisi ragam ikan hias dan gemericik air.

"Orang-orang yang sedang lalu lalang berolahraga juga menarik untuk dipotret," katanya.

"Sore hari waktu yang pas untuk memotret kawasan ini, jangan lupa siapkan tripod jika ingin memotret lanskap kota," lanjutnya.

5. Stasiun MRT kawasan Sudirman-MH Thamrin

Stasiun MRT ASEAN. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Suasana baru Jakarta sangat terasa jika berjalan di pedestrian Sudirman-MH Thamrin khususnya yang dekat stasiun MRT.

"Pedestrian yang luas dan nyaman bagi pejalan kaki, bangunan stasiun MRT yang geometris merupakan spot baru untuk berfoto," ujar Safir mengenai salah satu spot Instagramable di Jakarta ini.

"Pagi hari atau senja waktu yang pas untuk berfoto di sepanjang Stasiun MRT yang berada di jalan Sudirman-MH Thamrin," pungkasnya.

(ard/ard)