FOTO: Para Lansia yang Tak 'Menua'

REUTERS, CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 10:14 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi para lansia di Korea Selatan, usia tua tak jadi halangan untuk terus bekerja dan bergerak lincah.

Alih-alih menghabiskan usia senja dengan tenang dan damai, para lansia di Korea Selatan justru kian aktif dan tak bisa diam. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Para manula Korsel berbondong-bondong memasuki peluang karier yang tidak konvensional. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Kim Chil-doo (65), model lansia pertama di Korsel, ditengarai sebagai awal mulanya. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Debutnya yang memukau pada gelaran Seoul Fashion Week 2018 lalu membuat banyak lansia Negeri Ginseng itu tergoda untuk mendapatkan peluang serupa. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Sejak muda, Kim berkeinginan menjadi model. Kesempatan menjadi model di usia tua, baginya tetap layak dicoba. Apalagi mengingat masa mudanya yang dihabiskan untuk bekerja formal demi kantong yang tebal.
Melansir Reuters, Korsel menjadi salah satu negara dengan populasi lansia terbesar di dunia. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Kini, sebagian besar lansia di Korsel kembali aktif. Sebagian besar dari mereka merasa tak punya banyak kesempatan di usia muda. Usia tua menjadi waktu yang tepat bagi mereka untuk mencapai apa yang sempat diimpikannya. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Selain menjadi model, beberapa lansia juga tercatat aktif sebagai mentor dalam program pelatihan mahasiswa di negeri seberang dengan bantuan teknologi. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Tren ini menjadi harapan baru bagi para lansia Korsel. Namun, sejumlah ahli kebijakan publik mengingatkan banyak pihak terkait untuk tidak melupakan perlindungan sosial yang tepat, termasuk soal pendapatan layak. (REUTERS/Kim Hong-Ji)