Aturan Waktu Mengonsumsi Vitamin

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 05:38 WIB
Aturan Waktu Mengonsumsi Vitamin Ilustrasi vitamin (Foto: stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengonsumsi vitamin menjadi alternatif bagi Anda yang sulit menyeimbangkan asupan makanan dan berolahraga secara teratur. Vitamin dapat membantu tubuh tetap bugar dan sehat.

Vitamin telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Kalsium dan vitamin D berfungsi untuk menyehatkan tulang, asam folat terbukti mengurangi cacat lahir, vitamin B dapat membantu fungsi neurologis, dan masih banyak lagi.

Pertanyaannya, kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengonsumsi vitamin?


Ahli gizi Erin Brown mengatakan bahwa waktu terbaik mengonsumsi vitamin adalah kapan pun Anda mengingatnya. "Jika Anda sering bangun pagi, maka konsumsi [vitamin] saat pagi. Tapi jika Anda merasa lebih baik mengonsumsi saat malam sebelum tidur, maka konsumsi lah," kata dia, mengutip Elite Daily.

Tak ada ketentuan kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin. Pasalnya, waktu tidak memengaruhi tubuh untuk menyerap vitamin.

Namun, manfaat beberapa vitamin akan lebih terasa jika dikonsumsi dalam waktu tertentu. Misalnya, vitamin D yang akan terasa lebih baik jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau camilan yang mengandung lemak.

Ada pula beberapa vitamin yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Salah satu contohnya adalah zat besi dan kalsium yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan.

Kalsium dan zat besi, kata Brown, diserap dengan menggunakan jalur yang sama. Kalsium umumnya akan terserap lebih dulu. "Dengan mengambil keduanya pada saat yang sama, Anda mengurangi penyerapan zat besi," tambahnya menjelaskan.

Brown juga menganjurkan Anda untuk mengonsumsi vitamin C dan zat besi secara bersamaan. Pasalnya, vitamin C membuat penyerapan zat besi lebih efisien.

[Gambas:Video CNN] (nad/asr)